Komparasi Spek Suzuki XL7 VS Mitsubishi Xpander Cross

Komparasi Spek Suzuki XL7 VS Mitsubishi Xpander Cross

Sebelum kehadiran Suzuki XL7 di Indonesia, kelas Low Sport Utility Vehicle (LSUV) telah dihuni banyak pemain baru termasuk salah satu yang terkuat yaitu Mitsubishi Xpander Cross.

Dibangun dari basis Xpander yang merupakan sebuah Multi Purpose Vehicle favorit di tanah air, Xpander Cross menawarkan banyak aksesoris yang membuatnya lebih terlihat gagah. Selain itu, penambahan ground clearance juga berdampak pada keahlian mobil ini yang dapat digunakan melewati jalan berkontur tidak rata.

Lantas dengan kekuatan Xpander Cross di kelas ini, Suzuki coba mengambil celah dengan menawarkan XL7 yang juga mengandalkan gaya serupa, namun mereka dijual dengan harga yang relatif terjangkau sehingga cukup mencuri banyak perhatian konsumen. Untuk mencari mana yang lebih baik, berikut beberapa perbandingan spesifikasinya.

Dimensi

Suzuki XL7 hadir dengan panjang 4.450 mm, lebar 1.775 mm, tinggi 1.719 mm dengan wheelbase 2.740 mm. Sementara untuk ground clearancenya mencapai 200 mm.

Sebagai pesaingnya Xpander Cross tampil dengan panjang 4.475 mm, lebar 1.750 mm, tinggi 1.700 mm dan Panjang wheelbase 2.775 mm. Sedangkan ground clearancenya mencapai 225 mm.

Dengan demikian, untuk urusan dimensi Xpander Cross lebih Panjang 25 mm dan memiliki wheelbase lebih panjang 35 mm, namun XL7 lebih lebar 25 mm dan lebih tinggi 19 mm. Di samping itu Xpander Cross juga punya ground clearance lebih tinggi 25 mm ketimbang XL7.

Foto: Jason

Mesin

Karena mesin keduanya tidak berbeda dengan basisnya yang merupakan sebuah MPV, maka sektor Xpander Cross lebih unggul dengan kapasitas mesin yang lebih besar. Di Indonesia Xpander Cross mengandalkan mesin 4 silinder berteknologi MIVEC berkapasitas 1.499 cc dengan tenaga maksimal 104 ps dan torsi puncak 141 Nm.

Sedangkan XL7 dipersenjatai mesin berkapasitas 1.462 cc VVT DOHC 16 katup. Mesin tersebut memuntahkan torsi 138 Nm pada 4.400 rpm dan tenaga 103 ps pada 6.000 rpm.

Keduanya bersaing dengan hanya selisih tenaga 1 ps dan torsi 3 Nm unggul Xpander Cross ketimbang XL7.

Fitur

Beralih ke fitur, keduanya juga mengusung fitur keselamatan nyaris serupa, seperti ABS, EBD, HSC serta ada kamera mundur dan sensor parkir pada tipe tertinggi. Namun untuk fitur hiburan, head unit yang dimiliki Xpander Cross terlihat lebih besar mencapai 7 inci meskipun fungsinya juga sama seperti XL7 yang bisa mengoperasikan Bluetooth, AUX, Radio.

Harga

Soal harga, Suzuki mematok harga XL7 lebih terjangkau, yakni Rp 230 juta untuk tipe terendah dan Rp 267 juta untuk tipe tertinggi. Sementara Xpander Cross dijual Mitsubishi mulai Rp 267,7 juta hingga Rp 286,7 jutaan.

 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com