Komparasi Spek Kia Seltos VS Hyundai Kona

Komparasi Spek Kia Seltos VS Hyundai Kona

Kehadiran Kia Seltos di Indonesia beberapa waktu lalu membuat pasar compact SUV menjadi semakin bergairah. Selain menghadapi Honda HR-V tentunya, Seltos juga bersaing langsung dengan saudara senegaranya yang juga berasal dari Korea Selatan yaitu Hyundai Kona.

Kedua model menawarkan kelincahan berkendara, desain yang atraktif dan modern serta fitur berlimpah. Dengan harga yang bersaing, bagaimana perbandingan keduanya?

Foto: Rafi

 

Dimensi  

Kia Seltos hadir dengan dimensi panjang 4.315 mm, lebar 1.800 mm, tinggi 1.645 dan wheelbase mencapai 2.610 mm. Sementara Hyundai Kona memiliki panjang 4.165 mm, lebar 1.800 mm, tinggi 1.565 mm dengan wheelbase 2.600 mm.

Dalam hal dimensi, Seltos lebih panjang 150 mm, lebih tinggi 80 mm dengan wheelbase 10 mm sedikit lebih panjang.

Mesin

Mesin jadi senjata Kia Seltos bersaing di kelas ini, pasalnya dari sekian banyak competitor di kelas compact SUV hanya Seltos yang mengandalkan mesin turbo, setelah Trax tak lagi dipasarkan Chevrolet.

Seltos mengandalkan mesin Kappa Turbo - Dual CVVT, Direct Injection berkapasitas 1.353 cc yang mampu memproduksi tenaga 140 ps pada rpm 6.000 dan torsi puncak 242 Nm yang didapat pada putaran mesin 1.500 hingga 3.200 rpm. Sedangkan Hyundai Kona mengandalkan mesin terbesar di kelasnya, yaitu berkapasitas 1.999 cc NU MPI dari Atkinson yang mampu memproduksi tenaga 149 ps pada putaran 6.200 rpm dengan torsi puncak 180 Nm di 4.500 rpm.

Meski kapasitas mesinnya lebih besar, namun tenaga Kona hanya lebih unggul 9 ps dan kalah dalam perolehan torsi mencapai 62 Nm.

Fitur

Soal fitur, keduanya mengusung standar keselamatan yang tinggi karena sama-sama dilengkapi 6 buah airbags, kemudian memiliki ABS, EBD dan Hill start assist.

Kemudian untuk fitur hiburan, Kona dan Seltos juga tergolong berlimpah dengan head unit layar sentuh yang sudah memiliki konektifitas Android Auto dan Apple CarPlay, namun untuk urusan head unit jelas milik Seltos lebih besar karena mencapai 8 inci.

 

Harga

Untuk harganya, Kia memasarkan Seltos mulai Rp 295 juta untuk tipe terendah, lalu varian EX dengan banderol Rp 320 juta, dan EX+ sebagai tipe tertinggi dihargai Rp 355 juta. Harga tipe tertinggi Seltos tetap di bawah Hyundai Kona yang dijual Rp 363,9 juta, dan pabrikan berlogo H miring itu hanya menawarkan satu varian Kona di Indonesia.

 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com