Komparasi Daihatsu Rocky VS Suzuki Ignis

Komparasi Daihatsu Rocky VS Suzuki Ignis

Sambil menunggu kehadiran generasi terbaru dari Daihatsu Rocky yang kemungkinan besar hadir tahun ini. Bocoran spesifikasinya mungkin bisa memberikan gambaran seperti apa wujud dan performa SUV kompak tersebut.

Pertemuan kami dengan Rocky pertama kali berlangsung di Tokyo Motor Show 2019 yang lalu, dengan dimensi yang mungil, mobil ini diprediksi dapat mencampuri segmen yang dihuni Suzuki Ignis di tanah air.

Berikut beberapa perbandingan spesifikasi keduanya.

Mesin

Berbicara jantung pacu yang digunakan, Suzuki Ignis hadir dengan mesin berkode K12M 4 silinder 1.200 cc. Mesin ini mampu mengail daya sebesar 83 ps pada rpm 6.000 rpm dan torsi 113 Nm diputaran 4.200 rpm. Kinerja mesinnya disandingkan dengan transmisi manual 5 percepatan atau pilihan transmisi Auto Gear Shift (AGS) 5 percepatan.

Sementara Rocky hadir dengan mesin 1.000 cc berkonfigurasi tiga silinder segaris DOHC, intercooler turbo. Tenaga yang dihasilkannya sebesar 98 ps pada 6.000 rpm dan torsi 140 Nm pada 4.000 rpm.

Secara mesin, meski berkapasitas lebih kecil namun tenaga dan torsi yang dihasilkan Rocky ternyata lebih besar dari yang dimiliki Ignis.

Dimensi

Berbicara dimensi, Suzuki Ignis hadir dengan panjang 3.700 mm, lebar 1.690 mm tinggi 1.595 mm dan sumbu roda 2.435 mm. Sedangkan untuk ground clearancenya mencapai 180 mm.

Sedangkan Rocky memiliki panjang 3.995 mm, lebar 1.695 mm dan tinggi 1.620 mm dengan wheelbase 2.525 mm dan memiliki ground clearance 185 mm.

Sama seperti mesin, Rocky juga unggul dalam dimensi. Di Jepang, mobil ini juga sering disebut sebagai ‘Mini RAV4’.

Kesimpulan

Hingga saat ini Rocky belum dapat dipastikan kehadirannya di tanah air, apalagi bocoran yang beredar untuk versi di Indonesia juga sangat minim. Hal tersebut membuat fitur yang dimiliki Rocky masih tersembunyi dan belum bisa diungkapkan saat ini.

Namun berbicara perkiraan harga, Rocky diprediksi bakal dijual jauh lebih murah ketimbang yang beredar di Jepang. Semua ini dikarenakan produksinya yang akan langsung dari pabrik Daihatsu di Karawang, Jawa Barat. Sebagai acuan, saat ini Rocky dibanderol dengan harga 1,705 juta Yen atau setara Rp 219 jutaan untuk varian terendahnya. Sedangkan varian paling tinggi, yaitu premium dibanderol 2.422.200 yen atau Rp 311,4 juta. Sementara Ignis saat ini dijual mulai Rp 157 juta hingga tipe tertinggi GX AGS dengan banderol Rp 186 juta.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com