Corolla Cross Hybrid vs Kicks E-Power, Siapa yang Paling Irit BBM?

Corolla Cross Hybrid vs Kicks E-Power, Siapa yang Paling Irit BBM?

Toyota Corolla Cross resmi diluncurkan beberapa waktu silam. Menariknya, pesaing langsungnya yakni Nissan Kicks e-Power juga dihadirkan dalam waktu yang berdekatan.

Kami pun sudah melakukan pengetesan jangka panjang terhadap dua SUV kompak yang menghasilkan emisi gas buang rendah ini. Lantas, di antara kedua model ini, manakah yang menghasilkan konsumsi bahan bakar lebih baik?

Hasilnya, Nissan Kicks mencatatkan angka konsumsi BBM untuk rute dalam kota dengan kecepatan rata-rata 22 km/jam yakni 18,5 km/l. Sedangkan untuk rute tol dengan kecepatan rata-rata 90 km/jam, Kicks mencatatkan konsumsi BBM 21,1 km/l.

Sedangkan Toyota Corolla Cross untuk rute dalam kotanya berhasil mencapai angka 21,7 km/l. Sementara rute tolnya tercatat 23,8 km/l. Kesimpulannya, Toyota Corolla Cross memiliki angka konsumsi BBM yang lebih baik dibandingkan Nissan Kicks. Lantas, mengapa hal itu bisa terjadi?

Berdasarkan hasil analisa kami, kedua mobil ini memiliki sistem penggerak yang berbeda. Toyota Corolla Cross memiliki sistem hybrid berupa mesin konvensional dan motor listrik yang bekerja secara bergantian. Sedangkan Nissan Kicks penggeraknya hanya berasal dari motor listrik sementara mesin bensinnya berfungsi untuk melakukan pengisian daya baterai.

Ternyata, terbukti sistem hybrid yang bekerja secara bergantian seperti Corolla Cross mampu menghasilkan angka konsumsi bbm yang lebih baik dikarenakan mesin bensin yang ada pada mobil ini masih membantu sistem penggerak. Lain halnya dengan Kicks yang mesin bensinnya hanya menjadi generator motor listriknya.

Akan tetapi, tentu Nissan Kicks memiliki beberapa kelebihan dibandingkan Corolla Cross, yakni pengalaman berkendara mobil listrik penuh serta harga jual yang lebih murah.

Simak Video : VIDEO: C-HR Hybrid Tembus 28 KM/Liter

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com