Komparasi Spek Innova VS Panther

Komparasi Spek Innova VS Panther

Nama Toyota Kijang Innova dan Isuzu Panther tentu bukan pemain baru lagi di Indonesia. Keduanya bahkan telah bersaing sejak tahun 90an sebagai mobil keluarga favorit.

Sama-sama hadir dengan sasis tangga, Panther dan Innova menawarkan kapasitas kabin yang lapang. Hal tersebut menjadikannya sebagai mobil yang cocok dengan karakter orang Indonesia yang mengutamakan daya angkut penumpang dan barang banyak.

Untuk Innova, Toyota bahkan menawarkan dua tipe mesin, yaitu bensin dan diesel. Sementara Isuzu hanya menjual Panther dalam pilihan mesin diesel. Berikut perbandingan keduanya.

 

Mesin

Isuzu Panther dipersenjatai dengan mesin 4JA 1-L Direct Injection with Turbocharger berkapasitas 2.499 cc dengan tenaga sebesar 80 ps pada putaran mesin 3.500 rpm dan memiliki torsi puncak 191 Nm pada rpm 1.800.

Sementara Toyota menyediakan mesin diesel 2GD-FTV with VNT intercooler berkapasitas 2.393 cc. Tenaga Innova diesel mencapai 147 ps dan torsi 359 Nm pada tipe otomatik.

Namun di Indonesia Toyota juga memasarkan Innova bermesin 1 TR-FE  4 silinder DOHC Dual VVT-i berkapasitas 1.998 cc tenaga 139 ps pada putaran mesin 5.600 rpm dengan torsi 183 Nm pada 4.000 rpm.

Untuk persaingan mesin diesel, ternyata 2GD milik Toyota lebih unggul ketimbang milik Isuzu dengan performa torsi dan tenaga yang lebih baik.

Dimensi

Dimensi merupakan salah satu keunggulan mobil MPV ladder frame, dan di sektor ini keduanya merupakan yang terbaik di kelasnya.

Innova hadir dengan panjang 4.735, lebar 1.830, tinggi 1.795 dan wheelbase 2.750. Sedangkan Panther tampil dengan panjang 4.475 mm, lebar 1.680 mm, tinggi 1.790 mm dan wheelbase 2.685 mm.

Untuk urusan dimensi, Innova ternyata lebih panjang 260 mm, lebih lebar 150 mm, lebih tinggi 5 mm, dan wheelbasenya lebih panjang 65 mm ketimbang Panther.

Fitur

Berbicara fitur, Innova terbilang jauh di depan. Pasalnya Isuzu hanya sedikit memberikan peningkatan pada Panther terbaru, seperti instrument cluster baru, jok kulit serta console box. Sedangkan Innova sudah jauh lebih canggih dengan hadirnya pengaturan AC digital, head unit layar sentuh dan kamera mundur.

Harga

Di Indonesia, Toyota memasarkan 10 varian Innova (tidak termasuk Venturer) yang dibanderol mulai Rp 309 juta hingga Rp 412 jutaan. Sementara Isuzu menjual empat tipe Panther MPV dengan harga mulai 279,1 juta untuk tipe terendah LM dan Rp 332,3 juta untuk tipe tertinggi Grand Touring.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com