FIRST DRIVE: BYD Dolphin 2024

FIRST DRIVE: BYD Dolphin 2024

OTODRIVER - BYD Dolphin resmi diluncurkan di Indonesia untuk meramaikan segmen mobil listrik entry level.

Meski sudah diluncurkan, namun mobil listrik dengan genre hatchback ini belum dirilis harga jualnya. Kendati demikian, kami berkesempatan untuk melakukan test drive dengan jarak 200 km lebih.

BYD Dolphin

Lantas, bagaimana impresi first drive  kami?

Saat pertama kali menyandarkan badan di jok pengemudi, terasa memang ruang kabin tidak terlalu luas tetapi terasa mumpuni.

Di sini, kami pun langsung merasakan kelebihan dari BYD Dolphin ini, yakni posisi berkendara yang sangat ergonomis berkat pengaturan jok dan setir secara tilt dan teleskopik yang begitu leluasa, plus visibilitas yang sangat baik.

Hal ini tercipta berkat adanya kaca tambahan di bagian pilar A dipadukan dengan posisi dasbor yang begitu rendah. Dari sini langsung terasa bahwa Dolphin akan terasa fun to drive.

Interior BYD Dolphin

Langsung saja kami jalankan mobil ini dan benar saja, rasanya begitu menyenangkan.

Tenaga motor listriknya begitu instan sehingga soal akselerasi dan performa Dolphin tipe tertinggi ini terasa effortless.

Untuk suspensinya, Dolphin memiliki karakter ke arah empuk tetapi bukan lemah.

Dengan karakter tersebut, berkendara dendgan Dolphin ini terasa sangat nyaman, meski sedikit mengorbankan handling tetapi bukan sesuatu yang buruk.

Kemudian, fitur radar ADAS pada mobil ini bekerja dengan cukup baik mulai dari Blind Spot Monitoring, Lane Departure Warning, Lane Keeping Assist, hingga Adaptive Cruise Control.

Tetap, di balik semua keunggulan tersebut, Dolphin masih menyimpan beberapa kelemahan, seperti Lane Keeping Assist-nya yang sulit membaca marka jalan di situasi tertentu dan juga fitur speed warning alert yang tidak bisa di non-aktifkan.

Kesimpulan

Well, untuk sebuah mobil listrik entry level, terasa Dolphin bukanlah sebuah produk yang masih dalam tahap uji coba, melainkan sebuah produk yang sudah sangat dewasa.

Secara singkat, Dolphin mungkin menjadi mobil listrik dengan kisaran harga terjangkau dengan fitur dan kualitas berkendara terbaik yang dipasarkan di Indonesia saat ini.

Kelebihan

  1. Fitur lengkap
  2. Tenaga motor listrik instan
  3. Visibilitas terbaik di kelasnya

Kekurangan

  1. Fitur Lane Keeping Assist tidak bekerja di kondisi tertentu
  2. Fitur Speed Warning tidak bisa di non aktifkan

Spesifikasi

BYD Dolphin 490 km

Harga: - (belum diumumkan)

Kapasitas baterai: 60,48 kWh

Tenaga motor listrik: 201 dk

Torsi motor listrik: 310 Nm

Penggerak: Roda depan. (AW).

Foto tambahan

Control Unit BYD Dolphin
Entertainment System BYD Dolphin

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com