FIRST DRIVE: Ford Ranger XLT

FIRST DRIVE: Ford Ranger XLT

Secara diam-diam, RMA Group yang semula hanya melayani purnajual dari merek Ford di Indonesia memasarkan double cabin tersohornya, yakni Ranger. Mobil ini sudah mulai dipasarkan sejak tahun 2020 lalu.

Kami pun mendapatkan kesempatan untuk mengetes Ford Ranger tipe XLT dalam waktu yang cukup panjang. Lantas, bagaimana impresinya?

Ford Ranger yang dijual di Indonesia merupakan facelift kedua dari generasi T6 dan T7. Model ini mengusung desain yang maskuln dan bergaya ala double cabin khas Amerika Serikat.

Tak perlu berlama-lama, kami pun langsung menjalankan mobil ini. Rasanya tentu masih sangat menyenangkan sama seperti Ranger sebelumnya. Terlebih di bagian suspensinya yang cukup bersahabat saat dikendarai di jalan raya.

Hal yang paling menonjol adalah kemampuan offroadnya. Saat membawa mobil ini di lintasan tanah, tampaknya kemampuan offroad Ranger ini paling baik di antara para rivalnya seperti Mitsubishi Triton dan Toyota Hilux. Selain penggerak empat roda, mobil ini juga dilengkapi dengan beberapa fitur penunjang, seperti differential locker, Hill Start Assist, dan juga Hill Descent Control.

Lalu untuk mesinnya, mobil ini ditenagai oleh jantung pacu diesel berkapasitas 2.200 cc 4 silinder dengan tenaga mencapai 157 dk dan torsi 385 Nm. Kami sudah melakukan pengetesan akselerasinya namun memang angkanya tidak begitu menonjol ketimbang para rival. Mobil ini berhasil mencatatkan waktu akselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 12,7 detik.

Kesimpulan

Dengan kembalinya Ford Ranger di Indonesia tentu semakin banyak pilihan double cabin di tanah air. Sebagai pencetus pikap modern, mobil ini tentu hadir dengan berbagai keunggulan. Dari mulai desain, fitur, hingga kemampuan offroad. Sayangnya, dari segi harga jual yang mencapai Rp 545 juta dan jaringan purnajual yang tak sebanyak para kompetitornya mungkin membuat Anda ‘berpikir dua kali’ untuk meminang Ford Ranger ini.

Kelebihan

1. Kemampuan offroad baik

2. Suspensi empuk

3. Fitur cukup berlimpah

Kekurangan

1. Harga jual paling tinggi di kelasnya

2. Jaringan purnajual terbatas

Spesifikasi

Ford Ranger XLT 2.2 AT

Harga: Rp 545 juta

Kapasitas mesin: 2.200 cc 4 silinder turbo diesel

Tenaga maksimum: 157 dk

Torsi maksimum: 385 Nm

Penggerak: Empat roda

Foto Tambahan

Adit

Adit

Adit

Adit

 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com