FIRST DRIVE: BMW 430i Coupe

FIRST DRIVE: BMW 430i Coupe

Setelah peluncurannya yang dihelat pada bulan Juni 2021 lalu, tim OtoDriver berkesempatan untuk mengetes BMW seri-4 generasi terbaru. Sedan Coupe kelahiran Jerman ini di Indonesia ini hadir dalam varian 430i dengan trim M Sport Pro.

Tentu Anda semua sudah mengetahui apa saja yang menjadi ciri khas di mobil ini. Di antaranya grill yang besar serta garis atap yang dibuat lebih agresif dibandingkan coupe seri-3 dan seri-4 terdahulunya. Secara garis besar, desain mobil ini berubah begitu radikal.

Tak perlu berlama-lama, kami pun langsung duduk di jok pengemudinya. Yang pertama kami rasakan adalah kesan futuristik layaknya BMW ini keluaran terbaru lainnya karena seri-4 terbaru ini telah dilengkapi beberapa fitur terkini seperti BMW Live Cockpit instrument cluster, BMW iDrive generasi terbaru untuk layar multimedianya, speaker Harman Kardon, dan juga lingkar kemudi dari M Sport yang sporty dan sangat enak untuk digenggam. Belum lagi, dudukan seatbelt mobil ini dilengkapi dengan mekanisme elektris maka untuk meraih sabuk pengaman ketika berkendara begitu dimudahkan. Tetapi memang kami menilai BMW Live Cockpitnya memiliki desain yang kurang atraktif.

Untuk posisi duduknya cukup berkesan. Rasanya sangat khas seperti BMW-BMW Coupe sebelumnya. Tetap ergonomis tetapi memang posisi setir dibuat lebih naik dibandingkan model seri-3.

Langsung saja kami menjalankan mobil ini. Hal yang langsung terasa adalah karakter suspensinya yang unik. Saat berjalan dengan kecepatan rendah dan melewati jalan rusak atau polisi tidur, karakter suspensinya terasa begitu kaku apalagi untuk bagian belakangnya. Tetapi saat berkendara dengan kecepatan yang medium bahkan cenderung tinggi, bantingan suspensinya berubah menjadi empuk tetapi tidak lemah. Dan pengendalian BMW Seri-4 ini menurut kami sangat baik.

Untuk mesinnya, BMW 430i Coupe ini ditenagai oleh mesin berkapasitas 2.000 cc 4 silinder Twin Power Turbo dengan tenaga mencapai 258 dk dan torsi 400 Nm, berpadu dengan transmisi 8 percepatan dan berpenggerak roda belakang. Memang kami merasakan tenaga mesinnya tidak brutal. Tetapi, kami cukup takjub dengan angka akselerasinya.

Berdasarkan hasil tes kami, untuk menempuh 0-100 km/jam, BMW 430i Coupe ini berhasil mencatatkan angka 5,7 detik! Artinya, akselerasi mobil ini yang terbaik di kelasnya.

Kesimpulan

BMW berhasil menciptakan mobil yang radikal, tetapi revolusioner bahkan desainnya tidak membosankan sama sekali. Teknologi pada mobil ini cukup advance dan juga tenaga mesin yang sangat mumpuni. Pengendalian 430i ini cukup hebat tetapi memang rasa suspensi sedikit kaku ketika harus menghadapi jalan rusak atau polisi tidur. Wajar, karena 430i Coupe merupakan sebuah mobil dengan darah yang sporty.

Kelebihan

  1. Angka akselerasi sangat baik
  2. Pengendalian sigap
  3. Sangat fun to drive

Kelemahan

  1. Bantingan suspensi belakang keras ketika kecepatan rendah
  2. Instrument cluster kurang atraktif

Spesifikasi

BMW 430i Coupe M Sport Pro

Harga: Rp 1,399 miliar (off-the road)

Kapasitas mesin: 2.000 cc 4 silinder Twin Power Turbo

Tenaga maksimum: 258 dk

Torsi maksimum: 400 Nm

Penggerak: Roda belakang

Foto Tambahan

Adit

Adit

Adit

Adit

Adit

Simak Video : OD Flash: BMW Seri-3 Rakitan Lokal Tembus RP 840 Jutaan

 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com