First Drive: MINI Cooper S Clubman 2020

First Drive: MINI Cooper S Clubman 2020

MINI Clubman resmi diluncurkan beberapa tahun waktu lalu. Tentunya model ini hadir dengan berbagai penyegaran dibandingkan versi pendahulunya.

Tim OtoDriver berkesempatan untuk menjajal MINI bermodel station wagon ini. Lantas seperti apa rasanya?

 

Kami pun langsung saja menyandarkan badan di jok pengemudi MINI Cooper S Clubman ini. Pandangan mata langsung disuguhkan dengan desain interior ‘retro-modern’ khas MINI yang membuat kami tidak bosan berada di dalam kabinnya.

Ada sejumlah perubahan dibandingkan versi terdahulunya. Mulai dari desain lingkar kemudi, karena ini merupakan opsi MINI Yours, corak jok ala MINI Yours serta perubahan indikator bahan bakar yang semakin modern. Tak lupa juga fitur Apple Car Play Wireless juga hadir di model ini.

Posisi duduk yang ergonomis pun tidak absen dari Clubman 2020 ini. Pengaturan jok dapat disesuaikan secara elektrik dan juga pengaturan setir secara tilt maupun teleskopik yang dapat mendukung berbagai postur tubuh manusia.

 

Bagaimana rasanya mengendarai mobil ini bertampang keren ini? Hal yang langsung terasa adalah redaman suspensi yang kaku khas MINI. Akan tetapi, karakter suspensinya ini bisa dikatakan lebih baik dibandingkan model 3-Door. Namun tentunya handling gokart feel tak lekang pada Clubman 2020 ini.

Hal yang paling menyenangkan lainnya adalah 3 mode berkendara khas MINI. Mode berkendara Green untuk gaya berkendara hemat konsumsi bahan bakar, Mid untuk gaya berkendara moderat serta yang paling unik adalah mode Sport. Suara knalpot pada mode ini langsung berubah serta terdengar suara letupan-letupan yang mampu membangkitkan adrenalin pengemudi.

Perubahan yang cukup signifikan pada Clubman 2020 adalah transmisinya. Jika model sebelumnya menggunakan transmisi otomatik ZF 8 percepatan konvensional, Clubman 2020 kini mengadopsi girboks dual clutch 7 percepatan. Tentu dengan perpindahan gigi yang lebih agresif, tapi girboks ini tidak menanggalkan kehalusan berkendaranya.

 

Alhasil untuk angka akselerasinya pun cukup impresif. Berdasarkan hasil pengetesan kami menggunakan alat berbasis GPS, MINI Cooper S Clubman 2020 mencatatkan kecepatan 0-100 km/jam dalam waktu 7 detik saja.

Sayang ada beberapa kelemahan yang kami temukan, seperti road noise yang terdengar ke dalam kabin dan belum adanya fitur Auto Hold padahal mobil ini telah dilengkapi dengan rem parkir elektronik

 

Kesimpulan

Dengan kenaikan harga yang hanya Rp 10 juta, segala perubahan pada MINI Clubman 2020 ini berbuah positif. Rasa berkendaranya masih menyenangkan, perubahan kosmetik yang makin enak dipandang mata, serta performa mesin yang makin baik.

 

Kelebihan

  1. Tenaga mesin melimpah
  2. Handling mantap
  3. Posisi berkendara sangat baik

 

Kekurangan

  1. Suara deru ban masuk ke dalam kabin
  2. Tidak adanya fitur Auto Hold

 

Spesifikasi

MINI Cooper S Clubman 2020

Harga: Rp 1.050 milliar on the road DKI Jakarta

Kapasitas mesin: 2.000 cc 4 silinder turbo

Tenaga maksimum: 192 dk

Torsi maksumum: 280 Nm

Penggerak : Roda depan (Front Wheel Drive)

Foto Tambahan

 

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com