Bye-Bye MINI Clubman! Inilah Penyebabnya Stop Diproduksi

Bye-Bye MINI Clubman! Inilah Penyebabnya Stop Diproduksi

OTODRIVER - MINI telah menjual model Clubman selama 17 tahun, namun pada tahun ini perusahaan memutuskan untuk menghentikan peredaran model tersebut. Salah satu alasan Clubman tak lagi diproduksi, lantaran MINI fokus memberikan lini perakitan untuk seri perdana kendaraan listrik, Aceman.

Seperti dikutip dari Autocar, pabrik perakitan Clubman di Oxford, Crowley, Inggris akan digunakan 100 persen untuk merakit mobil listrik pada 2030 mendatang.

Hal tersebut, menyusul investasi sebesar 600 juta poundsterling yang dilakukan oleh perusahaan induk Mini, BMW Group bersama dengan pemerintah Inggris.

Investasi yang sudah digelontorkan ini, digunakan untuk mendanai perluasan kebutuhan bengkel bodi, pembangunan area untuk pemasangan baterai, fasilitas logistik baru di Oxford dan Swindon. Selain itu, perakitan Mini ini tidak hanya akan digunakan untuk produksi Aceman, tapi juga Cooper generasi terbaru versi tiga pintu, lima pintu, dan convertible.

Clubman punya dimensi lebih panjang ketimbang Cooper S

Sebagai informasi, MINI Clubman merupakan model estate yang muncul pada 1960 dengan nama Traveler, sebelum diperbaharui menjadi Clubman dan berganti nama menjadi 1000HL hingga dihentikan pada 1970.

Kemudian, Mini Clubman muncul kembali pada 2007, dengan generasi terbaru pada 2015 lalu. Kemudian, model ini mendapatkan versi performa tinggi, John Cooper Works, dengan tenaga puncak mencapai 300 hp. (AB)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com