FIRST DRIVE: Suzuki Jimny 2019

FIRST DRIVE: Suzuki Jimny 2019

Suzuki Jimny telah resmi mengaspal di tanah air. Model ini dipasarkan dalam 4 varian dan dijual mulai dari harga Rp 317,5 juta.

Tentunya Jimny tengah menjadi perhatian dan kabarnya inden mobil ini mengukar. Kami pun berkesempatan untuk menjajal Suzuki Jimny di rute dalam kota. Lantas, seperti apa rasanya?

Foto: Adit

 

Saat melirik bagian eksteriornya, tentunya sudah diketahui mobil ini hadir dengan desain yang unik seolah tidak menanggalkan ciri khas Jimny versi terdahulunya. Seperti biasanya, Jimny hanya memiliki dua buah pintu dan satu pintu bagasi yang dibuka menyamping. Namun, kami menemukan kejanggalan pada bagian spionnya yang

Tak sabar, kami pun langsung memasuki ruang kabinnya. Sama dengan bagian eksteriornya, bagian interiornya pun tampak senada dengan versi pendahulunya. Dasbornya berukuran kecil dan dilengkapi dengan pegangan tangan untuk penumpang kiri, setir 3 spoke dengan pengaturan audio dan cruise control serta speedometernya yang memiliki dua buah dial  yang terpisah seperti milik Jimny sebelum-sebelumnya. Namun kami menemukan kelemahannya yakni pada material interiornya yang terkesan tipis.

Untuk fitur-fiturnya, Jimny hadir dengan headunit aftermarketnya memiliki fungsi konektivitas Bluetooth, Apple Car Play dan Android Auto, Hill Descent Control serta fitur keselamatan dua buah airbag, traction control, dan electronic stability program.

 

Kami pun langsung menjalankan mini SUV yang diproduksi langsung di Jepang tersebut. Saat kami menekan gasnya, terasa tenaganya cukup instan. Hal ini mungkin disebabkan oleh bobot mobil yang tergolong ringan. Tenaga mesin 1.500 cc-nya pun terasa cukup mumpuni pada mobil ini.

Soal bantingan suspensinya, bisa dikatakan cukup limbung. Akan tetapi, seolah hal ini menjadi ciri khas Suzuki Jimny dari waktu ke waktu yang mempertahankan struktur suspensi rigid. Kendati demikian, struktur suspensi ini dirasa tangguh ketika melalui medan offroad yang cukup berat.

 

Kesimpulan

Bisa dikatakan Suzuki Jimny bukanlah sebuah mobil yang memenuhi kebutuhan sehari-hari. Untuk harga Rp 335 juta, Jimny memiliki kapasitas penumpang hanya 4 orang, bahan material yang bukan kualitas terbaik, serta limbung ketika dikendarai. Namun untuk mobil yang sekedar hobi, mobil ini tentunya memenuhi segala aspek, terlebih bagi konsumen yang hobi offroad.

 

Kelebihan

  1. Penggerak empat roda termurah saat ini
  2. Desain ikonik
  3. Handal untuk offroad

 

Kekurangan

  1. Material interior kurang baik
  2. Inden lama
  3. Suspensi limbung

Spesifikasi

Suzuki Jimny

Harga: Rp 317,5 juta hingga Rp 350 juta

Kapasitas mesin:  1500 cc 4 silinder

Tenaga maksimum:  100 dk

Torsi maksimum: 130 Nm

Penggerak: empat roda

 

Foto tambahan:

 

 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com