FIRST DRIVE: Selis New Balis

Bagaimana impresi berkendara "mobil" listrik yang tak road legal ini?
Penulis: Aditya Widiutomo
Rabu, 8 Mei 2019 10:00 WIB
First Drive - FIRST DRIVE: Selis New Balis
Bagikan ke:

Kali ini kami melakukan pengetesan terhadap kendaraan yang lumayan unik. Biasanya, kami melakukan First Drive mobil yang rodanya berjumlah empat, kali ini kami melakukan impresi pertama terhadap sebuah "mobil" listrik beroda tiga.

Ini dia Selis New Balis yang merupakan kendaraan listrik lokal. Namun sayangnya, mobil ini tidak legal untuk dipakai di jalan raya seperti kendaraan bermotor pada umumnya. Sebab New Balis tidak memiliki surat-surat seperti Buku Kepemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB) serta Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Kemungkinan, mobil ini tidak terdaftar sebagai kendaraan bermotor di Indonesia.

Foto - FIRST DRIVE: Selis New Balis

 

Lantas bagaimana dengan impresi berkendaranya? Selis New Balis dilengkapi dengan kemudi setang layaknya motor serta memiliki kapasitas penumpang hingga tiga orang saja. Bisa dikatakan, mobil ini memiliki karakter layaknya bajaj  bermesin listrik.

Cara mengendarainya pun tidak seperti mobil. Gas berada di setang serta dilengkapi dengan tiga mode berkendara, yakni maju, mundur serta netral yang dikendalikan lewat sebuah tombol. Namun sayangnya, sistem pendingin kabin hanya dilengkapi dengan sebuah kipas angin.

Saat dijalankan pun terasa seperti mengendarai sebuah kendaraan roda tiga alias bajaj. Suspensinya keras, tidak ada pendingin kabin, namun bunyi yang terdengar hanyalah suara dari motor listriknya. Namun akselerasnya kami nilai cukup mumpuni.

Foto - FIRST DRIVE: Selis New Balis

 

Selis New Balis ditenagai oleh motor listrik bertenaga 1.500 Watt serta memiliki baterai 60 V. Kecepatam maksimalnya mencapai 45 km/jam dan memiliki jarak tempuh sejauh 50 km dalam satu kali pengisian baterai penuh. 

 

Kesimpulan

Karena mobil ini bukanlah kendaraan road legal, maka Selis New Balis cocok digunakan untuk area terbatas saja. Akselerasi serta jarak tempuh yang dihasilkan oleh perpaduan baterai dan motor listriknya cukup baik. Namun sayangnya mobil ini tidak dilengkapi dengan pendingin kabin.

 

Kelebihan

  • Memiliki jarak tempuh yang baik
  • Akselerasi baik

Kekurangan

  • Tidak dilengkapi dengan surat
  • Tidak memiliki pendingin kabin
  • Bantingan suspensi keras

 

Spesifikasi

Selis New Balis

Harga: Rp 48 juta

Mesin: listrik 1.500 Watt

 

Foto Tambahan

Foto - FIRST DRIVE: Selis New Balis

Foto - FIRST DRIVE: Selis New Balis

Foto - FIRST DRIVE: Selis New Balis

Foto - FIRST DRIVE: Selis New Balis

Foto - FIRST DRIVE: Selis New Balis

Foto - FIRST DRIVE: Selis New Balis

 

#selis #new-balis

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.