FIRST DRIVE: Mazda CX-8 2019

FIRST DRIVE: Mazda CX-8 2019

Setelah debut di Tokyo Motor Show 2019 bulan lalu, Mazda CX-8 telah resmi diluncurkan di Indonesia. Model SUV ini hadir mengisi kekosongan antara CX-5 dan CX-9.

Kami pun berkesempatan untuk menjajal SUV terbaru Mazda ini meski tidak dalam jangka panjang. Namun setidaknya, kami akan menyampaikan pada para pembaca tentang impresi pertama mengendarai Mazda CX-8.

 

Saat melirik bagian eksteriornya, kami langsung familiar dengan bahasa desain Kodo Design yang begitu futuristik pada mobil ini. Kendati demikian, jika Anda hanya melirik bagian depannya saja, pastinya Anda bakal bertanya-tanya, apakah ini Mazda CX-8 atau CX-9 karena desainnya sangat mirip.

Kami pun langsung memasuki ruang kabinnya. Dan kami langsung merasakan aura premium-nya. Build material ruang interior Mazda tidak diragukan lagi bahkan pada model yang memiliki harga Rp 400 jutaan.

Tak hanya itu, posisi mengemudi Mazda selalu memberikan tingkat ergonomi yang baik dan juga di model CX-8. Fitur-fiturnya juga cukup lengkap. Seperti sistem Infotaiment Mazda MZD Connect yang terintegrasi, speaker 10 buah aftermarket merek Bose, Head Up Display, serta fitur keselamatan seperti Lane Departure Warning, Smart City Braking Support, dan kamera 360 derajat.

 

Kami pun langsung menjalankan CX-8 ini. Hal yang pertama kami rasakan adalah karakter suspensinya yang empuk. Berbeda dengan CX-5 dan CX-9 yang memiliki karakter suspensi cenderung lebih kaku akan tetapi sangat akurat.

Kami pun langsung merasakan performa dari mesin 2.500 cc-nya yang serupa dengan CX-5. Karena CX-8 lebih berat ketimbang CX-5, maka kami pun merasakan tenaga mesinnya tidak berlebihan pada CX-8. Namun sisi baiknya, kabin CX-8 memiliki tingkat peredaman yang sangat baik.

 

Kesimpulan

Mazda CX-8 menjadi sesuatu yang baru untuk para konsumen khususnya penggemar merek Mazda. Mereka menyajikan SUV yang memiliki kapasitas penumpang lebih baik dibandingkan CX-5 namun harga yang lebih murah dibandingkan CX-9. Tak hanya itu, CX-8 juga hadir dengan jok Captain Seat pada baris keduanya yang berbeda dibandingkan SUV yang sudah hadir di Indonesia.

Fiturnya pun cukup lengkap. Mulai dari fitur hiburan hingga fitur keselamatan. Sayangnya, untuk SUV seharga Rp 650 jutaan, CX-8 belum dilengkapi dengan sunroof.

 

Kelebihan

  1. Jok Captain Seat pertama di kelasnya
  2. Fitur-fitur lengkap
  3. Build Material berkualitas

Kekurangan

  1. Tidak ada sunroof
  2. Mesin kurang bertenaga
  3. Suspensi sedikit limbung

 

Spesifikasi

Mazda CX-8

Harga: Rp 664,8 juta (tipe Touring), Rp 746,8 juta

Kapasitas mesin: 2.500 cc 4 silinder

Tenaga maksimum : 187 dk

Torsi maksimum: 251 Nm

Penggerak: Roda depan

Foto Tambahan

 

 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com