Hindari 5 Hal ini Saat Cuci Mobil

Hindari 5 Hal ini Saat Cuci Mobil

Mencuci mobil tidak mengenal musim kemarau ataupun penghujan. Bagian eksterior mobil berinteriaksi langsung dengan kondisi cuaca dan kondisi luar, sehingga peluang kotor tetap saja ada.

Walau dicuci dalam kondisi musim yang beda, namun ternyata ada kesamaan proses antar keduanya. “Ada hal-hal yang tidak dibenarkan untuk dilakukan pada saat mencuci mobil dan apabila dilakukan akan muncul kemungkinan terjadi kerusakan pada cat,” terang Migrawan Nugroho dari Karya Indah Motor di bilangan Galaxy, Bekasi. “Hal tersebut berlaku mutlak tanpa terkecuali pada musim apapun,” sambungnya.

 

Hal-hal tersebut adalah:

1. Cuci di bawah terik matahari

Sebisa mungkin lakukan di tempat yang relatif teduh atau tidak terkena sinar matahari langsung. Dikhawatirkan bagian yang terkena sinar matahari langsung lebih cepat kering dibandingkan bagian lainnya dan bisa berpotensi membuat cat belang dan juga meninggalkan kerak.

2. Urutan proses cuci yang salah

Walau nampak sederhana, mencuci ada langkah-langkah yang harus dikerjakan secara berurutan. Mencuci detail mulai dari bagian bawah mobil terlebih dulu, lantaran bagian ini relatif kotor terutama dikarenakan tanah dan pasir, baru lanjutkan ke bagian atas. Air yang mengalir dari atas, akan kembali membilas bagian bawah mobil yang sudah dibersihkan terlebih dulu.

3. Tidak Menunggu kondisi dingin

Kap mesin jadi bagian panel bodi terpanas setelah mobil digunakan. Perbedaan temperatur menjadi pemicu kesehatan kondisi cat di bagian ini. Tunggu beberapa saat sekitar 15-30 menit setelah mobil dipakai untuk melakukan pencucian. Jika kerap melakukan pencucian saat kap mesin masih panas, bagian tersebut akan lebih cepat kusam.

4. Sabun cuci yang tidak semestinya

Gunakan sabun atau shampo yang memang khusus dirancang untuk perawatan mobil. Pilih sabun dengan Ph rendah yang ramah terhadap cat. Sabun dengan kadar detergen yang kuat justri akan merusak lapisan cat.

5. Proses pengeringan yang salah

Gunakan kain pencuci dan pengering yang benar. Kain chamois digunakan untuk proses pencucian dan pengeringan tahap pertama. Lanjutkan pengeringan dengan kain microfiber untuk hasil terbaik.

Simak Video : VIDEO: Menghindari Malapetaka Pecah Ban

 
 

Bagikan

Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com