Suzuki Jimny 5-Door, Tak Sekedar Nambah Panjang

Suzuki Jimny 5-Door, Tak Sekedar Nambah Panjang

Suzuki Jimny 5-door sudah resmi melenggang di Indonesia. Jimny generasi IV versi long wheelbase ini dikirim langsung dari India, tepatnya dari fasilitas milik Maruti-Suzuki.

Hal terbesar dari perubahan Suzuki Jimny 5- door ini terletak pada sasis tangga dan bodinya. Sasis tangga baru ini menghasilkan wheelbase 2.590mm atau lebih panjang 340mm dari versi tiga pintu.

Opsi lima pintu ini merupakan yang pertama dalam sejarah Jimny yang kini menginjak generasi IV. Sebelumnya versi wheelbase sudah pernah ada pada Jimny Generasi I dan II, hanya saja tidak didedikasikan sebagai kendaraan penumpang.

Sehingga secara keseluruhan versi lima pintu ini punya dimensi, panjang 3.965mm, lebar 1.645mm tinggi 1.720mm.

Dengan wheelbase lebih panjang 340mm dari versi Jimny Suzuki Jimny 3-door, menghasilkan kelegaan bagi penumpang baris kedua, terlebih pada posisi duduk serta kelegaan legroom. Selain itu juga mampu memperbaiki volume bagasinya.

Suzuki Jimny 5-door memberikan kelegaan pada bangku baris ke dua

Penambahan panjang sasis ini bukan hanya sekedar nambah jumlah pintu saja. Nampaknya Suzuki Jimny 5-door ini juga disertai juga dengan airbags yang lebih banyak. Enam airbag yang terdiri atas sepasang SRS front duals airbags, sepasang side airbags dan sepasang curtain airbags menjadi standarnya. Sedangkan versi 3 pintu hanya memiliki sepasang airbags saja, padahal versi yang satu ini merupakan CBU dari Jepang.

Airbags yang lebih advance pada Suzuki Jimny 5-door ini oleh peraturan otoritas India pada mobil penumpang yang mewajibkan untuk memasang enam airbag sebagai standar keamanan.

Selain itu baris kedua mobil ini juga disematkan seatbelt belakang yang sudah dilengkapi force limiter. Sekali lagi versi sasis pendeknya tidak punya peranti itu.(SS) 

Suzuki Jimny-5D punya ruang bagasi lebih besar 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com