Rocky Hybrid Curi Perhatian di Booth Daihatsu GIIAS, Sayang Belum Dijual

Dalam gelaran GIIAS 2024, Daihatsu merilis Rocky Hybrid untuk dipamerkan. Mobil ini sayangnya baru tahap perkenalan untuk pasar Indonesia dan belum ada rencana untuk dijual massal.
Penulis: Ahmad Biondi
Jumat, 19 Juli 2024 10:45 WIB
Berita - Rocky Hybrid Curi Perhatian di Booth Daihatsu GIIAS, Sayang Belum Dijual
Bagikan ke:

OTODRIVER - Dalam GIIAS 2024, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) tidak menampilkan sesuatu yang baru untuk dijual.

Yang menarik di booth mereka, kehadiran Daihatsu Rocky Hybrid. SUV tersebut dibangun dari varian tertingginya, yakni Premium G HEV 1.2 L. Mobil ini dilengkapi teknologi e-Smart Hybrid dan dijual di pasar otomotif domestik di Jepang.

Sistem hybrid yang diadopsi adalah Series hybrid. Artinya, tenaga mesin konvensional digunakan sebagai generator untuk menghasilkan listrik dan diteruskan untuk menggerakkan motor utama ke roda depan.

Untuk mesinnya sendiri, Rocky Hybrid mengandalkan mesin berkapasitas 1.200 cc, 3-silinder, dengan kode WA-VEX. yang memiliki desain struktur ringkas  dan diklaim ideal dalam mendukung aktivitas sehari-hari.

Foto - Rocky Hybrid Curi Perhatian di Booth Daihatsu GIIAS, Sayang Belum Dijual
Daihatu Rocky - GIIAS 2024

“Melalui momentum GIIAS 2024, kami menghadirkan rangkaian kendaraan rendah emisi, salah satunya melalui Rocky Hybrid yang telah dipasarkan di Jepang hingga saat ini. Menggunakan mesin 1.2L dengan sistem Series Hybrid, mampu mencapai efisiensi bahan bakar optimal hingga 28 Kilometer per liter,” ujar Yasushi Kyoda, Presiden Direktur PT ADM, dalam sambutannya.

Dalam hal teknis, memiliki desain mekanisme ringkas. Transaxle alias transmisi kendaraan bermesin depan berpenggerak roda depan memiliki mekanisme transmisi daya yang terdiri dari motor generator (MG) sebagai daya penggerak, gigi reduksi dan mekanisme diferensial.

Bobot kendaraan juga menjadi lebih ringan berkat penggunaan baterai lithium ion yang ringkas dan berkapasitas 4,3 Ah dengan kepadatan energi tinggi. Dalam hal fitur keselamatan dan keamanan, dilengkapi dengan berbagai sistem keamanan aktif Smart Assist.

Terdapat 19 fungsi keselamatan aktif yang berbeda, fungsi peringatan dan pengereman terhadap potensi tabrakan yang mendukung mode malam hari, pendeteksi pejalan kaki hingga fungsi pendeteksi rambu lalu lintas untuk memberikan peringatan maximum speed dan stop.

Foto - Rocky Hybrid Curi Perhatian di Booth Daihatsu GIIAS, Sayang Belum Dijual
Daihatu Rocky - GIIAS 2024

Selain itu diadopsi em parkir elektrik, Adaptive Cruise Control (ACC) yang dapat membuat berkendara jarak jauh lebih nyaman. Rocky Hybrid juga menyematkan fitur Cornering Trace Assist (CTA) yang berfungsi menstabilkan kendaraan Ketika sedang menikung dengan memberikan pengereman ke roda agar tidak keluar dari jalur dan tetap aman dan nyaman ketika berkendara.

Namun, sayangnya lagi-lagi Rocky Hybrid hanya sekadar dipamerkan. Daihatsu belum berniat untuk memasarkannya di Indonesia.

"Sebenarnya, bukannya tidak mau, tapi masih studi, kami masih lihat perkembangan pasar. Pada saat yang tepat, nanti pasti kami akan sampaikan. Masih terus memonitor perkembangan pasar," ujar Rokky Irvayandi, Domestic Marketing Division Head PT ADM. (AB)

#daihatsu #rocky #giias

Bagikan ke:
Jangan lewatkan Rocky

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.