Presiden Prabowo Pilih SUV Anti Peluru Bikinan Pindad Sebagai Tunggangan Indonesia 1

Presiden Prabowo Subianto menggunakan Pindad MV3 Garuda Limousine dalam konvoi pelantikannya
Penulis: Suryo Sudjatmiko
Minggu, 20 Oktober 2024 15:16 WIB
Berita - Presiden Prabowo Pilih SUV Anti Peluru Bikinan Pindad Sebagai Tunggangan Indonesia 1

Maung MV3 Garuda Limousine. Foto : Pindad

Bagikan ke:

OTODRIVER - Salah satu yang cukup menarik perhatian sesaat setelah pelantikan Presiden Prabowo Subianto adalah munculnya sosok SUV putih yang digunakannya sebagai tunggangan. Mobil ini ditengarai sebagai MV3 Garuda Limousine lansiran Pindad. SUV tunggangan orang nomor 1 di Republik ini membawanya dari Gedung MPR/DPR RI, Minggu (20/10/2024) menuju Istana Negara.

Mengutip dari detik.com, MV3 Garuda Limousine ini merupakan pengembangan terbaru dari MV3 dan didesain serta dikembangkan untuk mengakomodir secara langsung arahan dari Presidan baru. 

"Tentunya kami terharu dan bangga karena kendaraan terbaru kami, MV3 Garuda Limousine, karya anak bangsa digunakan dalam momentum bersejarah dan dipercaya oleh Presiden RI, Bapak Prabowo Subianto yang tiada henti memberi kepercayaan, men-challenge dan mendorong penggunaan produk buatan dalam negeri produksi Pindad untuk terus maju dan meningkatkan kualitasnya. Selamat atas pelantikan Bapak Presiden beserta Wakil Presiden RI, selamat bertugas dan semoga sukses selalu dalam mengemban amanah rakyat Indonesia," ujar Direktur Utama PT Pindad Abraham Mose.
 

Foto - Presiden Prabowo Pilih SUV Anti Peluru Bikinan Pindad Sebagai Tunggangan Indonesia 1
pindad - Maung MV3 Garuda Limousine. Foto : Pindad

Dalam keterangan yang sama, Direktur Teknologi & Pengembangan PT Pindad, Sigit P. Santosa mengungkapkan peran penting keterlibatan Presiden RI di balik mobil MV3 Garuda limousine dan dalam mendorong kemandirian industri nasional di bidang otomotif sebagai upaya maksimal dalam mewujudkan pengembangan kendaraan taktis militer dan kendaraan sipil secara utuh, mulai dari desain konsep sampai produksi masal.

“Bapak Prabowo Subianto memiliki peran penting dalam mengungkapkan ide-ide inovatif, identitas bangsa dan masukan terhadap kendaraan MV3 Garuda Limousine. Tim enjiniring kami serta seluruh insan Pindad berupaya keras mewujudkannya, alhamdulillah hari ini produk buatan dalam negeri untuk pertama kalinya digunakan langsung oleh Presiden RI," ujar Sigit.

Foto - Presiden Prabowo Pilih SUV Anti Peluru Bikinan Pindad Sebagai Tunggangan Indonesia 1
pindad - Maung MV3 Garuda Limousine. Foto: Pindad

Spesifikasi 

Belum diketahui mengenai spesifikasi mesin secara detail, namun dikatakan bahwa mesin tersebut mampu memproduksi tenaga 199hp dan diakurkan dengan transmisi otomatis 8 percepatan serta memilki kecepatan puncak di 100 km/jam.

Mobil karya anak bangsa ini memiliki dimensi panjang 5,05 m, lebar 2,06 m, tinggi 1,87 m dan memiliki wheelbase yang panjang. Dikatakan bahwa mobil ini punya bobot 2,95 ton.

Bullet Proof 

Sebagai mobil tunggangan presiden, maka PT Pindad menambahkan material anti peluru pada mobil ini. Dengan portofo produsen alpalhankam, PT Pindad menerapkan proteksi kendaraan sebagai prioritas utama dengan dibekali fitur keamanan seluruh area kendaraan meliputi body dengan material composite armor yang memiliki ketahanan terhadap munisi kal. 7,62 x 51 mm NATO ball & kal. 5,56 x 45 mm M193, kaca antipeluru level B5/B6, serta dilengkapi ban berukuran R21 dengan tipe Run Flat Tyre (RFT) yang bisa tetap melaju meski mengalami kebocoran di perjalanan.

Fitur 

Bagian interior dibalut dengan material kulit premium, wood finish accents, dilengkapi kursi penumpang captain seat dengan pengaturan elektrik disertai leg rest serta limo touch control panel. Kendaraan ini juga dilengkapi dengan Head Unit 12 inci, kamera 360°, LED smart TV, cooled storage, dan portable WiFi. (SS)

Foto - Presiden Prabowo Pilih SUV Anti Peluru Bikinan Pindad Sebagai Tunggangan Indonesia 1
pindad - Maung MV3 Garuda Limousine, Foto: Pindad





 

#prabowo-subianto #presiden-ri-ke-8 #pindad-mv3-garuda-limousine

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.