PLN: Seluruh Rest Area Sumatera-Jawa Tersedia SPKLU

PLN: Seluruh Rest Area Sumatera-Jawa Tersedia SPKLU

PT PLN (Persero) memastikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) kini telah tersedia di setiap rest area yang tersebar di Jalan Tol Trans Jawa dan Trans Sumatera. "Hari ini kita pastikan SPKLU sudah ada di setiap rest area di sepanjang Tol Trans Sumatera dan Jawa," kata Vice President Pengembangan dan Komersialisasi Produk Niaga PLN, Rudiana Nurhadian, di acara Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2024, di Jakarta pekan lalu (1/5). 

Rudiana menambahkan, fasilitas SPKLU juga tersedia di kantor-kantor cabang PLN di seluruh Indonesia yang bisa dimanfaatkan pengguna mobil listrik untuk pengisian daya. Saat ini, terang Rudiana, sebanyak 1.370 unit SPKLU telah terpasang di 948 titik di seluruh Indonesia. Sedangkan untuk Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU), terdapat 2.182 unit yang telah terhubung dengan jaringan PLN.

Dalam kesempatan itu, Rudiana juga memaparkan bahwa telah terjadi peningkatan transaksi di SPKLU selama periode mudik Lebaran 2024.

PLN mencatat, sejak tanggal 3 April sampai 19 April 2024, terdapat lebih dari 12 ribu transaksi di SPKLU atau meningkat lima kali lipat dibandingkan musim mudik Lebaran 2023.

"Jadi kalau 2023 ada 2.500 transaksi, di 2024 ini telah mencapai lebih dari 12 ribu transaksi," ujar Rudiana lagi. Seperti dikutip dari Antara.

Disebutkannya lagi, sejumlah titik lokasi yang mengalami transaksi SPKLU terbanyak antara lain Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya.

Peningkatan transaksi turut diikuti oleh jumlah konsumsi listrik di SPKLU yang juga meningkat. Total konsumsi listrik SPKLU juga meningkat dari 48 megawatt hour (mWh) pada musim mudik Lebaran 2023 menjadi 253 megawatt hour (mWh) pada Lebaran 2024.

"PLN akan terus meningkatkan infrastruktur SPKLU dan kami sadari kami tidak bisa berjalan sendirian PLN mendorong juga swasta ikut berkolaborasi dalam pembangunan infrastruktur SPKLU ini," pungkasnya. (EW)

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com