PLN: Ada SPKLU Mobile Jika Mobil Listrik Kehabisan Daya Di Tol

PLN: Ada SPKLU Mobile Jika Mobil Listrik Kehabisan Daya Di Tol

OTODRIVER - PT PLN (Persero) menyiapkan lima stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) mobile atau SPKLU keliling untuk memenuhi kebutuhan para pengendara mobil listrik saat mudik Lebaran 2024.

VP Pengendalian Operasi Sistem Ketenagalistrikan PT PLN (Persero), Nurdin Pabi, dalam jumpa pers di kantor BPH Migas, Jakarta (3/4), mengatakan bahwa SPKLU mobile ini akan disiapkan di jalur mudik Jawa Tengah dan Jawa Barat.

Menurut Nurdin, penempatan SPKLU di kedua wilayah tersebut dilakukan karena merupakan jalur mudik utama dengan volume kendaraan yang tinggi. Tujuannya untuk menghindari antrean panjang saat pengisian daya.

“Saat ini sudah ada 5 SPKLU mobile nanti yang bisa diupayakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang belum menjangkau SPKLU terdekat,” kata Nurdin, sebagaimana dikutip dari Antara.

Ditambahkannya, bahwa PLN juga akan menambah 175 unit SPKLU sehingga total menjadi 1.299 unit. SPKLU ini kebanyakan akan ditempatkan di jalan tol.

Jumlah tersebut termasuk sebanyak 64 unit pengisian daya pada 38 titik SPKLU di sepanjang ruas Tol Trans Sumatera-Jawa, dan ini akan ditambah 100 unit SPKLU lagi.

Nurdin menambahkan bahwa PLN juga akan menyiapkan jeriken untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang kehabisan BBM di jalan raya.

Direktur Teknik dan Lingkungan Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Mohamad Priharto Dwinugroho, mengatakan rata-rata jarak antar SPKLU sekitar 23 kilometer. Jarak itu dinilai cukup karena jarak tempuh rata-rata kendaraan listrik mencapai 300—350 kilometer, sehingga menurutnya sangat aman untuk mudik menggunakan kendaraan listrik.

Untuk mendukung kelancaran dan kenyamanan mudik, Priharto mengatakan PLN akan menyiagakan sebanyak 2.766 posko yang didukung oleh 81.591 personel, termasuk personel pembangkit, personel transmisi, dan distribusi.

Pengendara dapat mengecek lokasi SPKLU melalui aplikasi PLN Mobile. PLN juga menyediakan call center di nomor 123 atau Whatsapp 087771112123. (EW)

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com