Pernah Dengar Ada Supercar Bermerek Zenvo?

Pernah Dengar Ada Supercar Bermerek Zenvo?

OTODRIVER - Jepang termasuk salah satu pasar mobil sport yang punya permintaan unit terbaik di dunia. Berdasarkan data dari situs riset Statista, di Jepang sampai tahun 2028 akan ada permintaan mobil sport sampai hypercar sebanyak 53.700 unit.

Lembaga riset asal Amerika Serikat itu juga menyebutkan bahwa tahun ini saja pasar mobil sport tahun ini akan mencapai nilai 3 miliar Dolar AS atau setara Rp48 triliun.

Tak heran silih masuk merek maupun model sport car ke pasar Jepang. Salah satunya Zenvo, pabrikan mobil sport yang asal Denmark ini baru saja memasukkan model terbarunya yang bernama Aurora ke pasar Negeri Matahari Terbit itu.

Diberi label harga 482 juta Yen, setara Rp50 miliar, saat rilis perdana di akhir Maret yang lalu, punya mesin hibrida V12 berkapasitas 6.600 cc dengan kelengkaan turbo quad buatan Mahle yang asal Jerman itu. Ada dua varian yang tersedia berdasarkan sistem penggerak rodanya; “Tur’ untuk yang penggerak empat roda, dan “Agil” yang berpenggerak roda belakang.

Masing-masing akan diproduksi dalam jumlah 50 unit saja. Setiap varian punya potensi daya puncak 1.250 daya kuda dan torsi puncak 9.800 rpm. Dengan tambahan daya dari motor listrik maka tenaga puncaknya menjadi 1.450 daya kuda.

Khusus varian “Tur”, tambahan energi dari motor listrik 300kW akan menghasilkan daya puncak mencapai 1.850 daya kuda dengan torsi maksimal 1700 rpm. Sementara varian “Agil” transmisinya otomatis 7 percepatan yang juga bisa diatur lewat paddle shift.

Zenvo "Agil" bobotnya 1.300 kilogram , varia "Tur" beratnya 1.450 kilogram (Car Watch)

Dari berbagai ragam pembangkit daya itu, varian “Tur” bisa melesat 2,3 detik dari posisi diam ke 100 km/jam. Kecepatan tertingginya 450 jam km/jam, bisa dicapai dalam hitungan 17 detik dari posisi diam.  

Untuk varian “Agil” punya kecepatan tertinggi 365 km/jam, akselerai 0-100 km/jam di hitungan 2,5 detaik, untuk ke angka 300 km/jam dari posisi diam bisa dilakukan dalam hitungan 10 detik.

Dimensi “Tur” 4.819 x 2.020 x 1.117 mm (panjang total x lebar x tinggi), jarak sumbu roda 2.800 mm, dan bobot kosongnya 1.450 kilogram. Untuk “Agil” komposisi diemnsinya; 4.836 x 2.020 x 1.097 mm (panjang x lebar x tinggi), wheelbase 2.800 mm, dan bobot keseluruhan 1.300 kilogram.

Sebagai mobil sport, semua varian Zenvo Aurora punya rangka dasar berspesifikasi monokok berbahan karbon. Seluruh bagian bodi dan interior juga didominasi mater berbahan sama. Dan semua proses membangun Aurora juga didominasi penggarapan secara hand made.

Hal yang cukup menarik, mobil ini bisa dipesan dengan ikut menyesuaikan regulasi tentang posisi kemudi. Bisa ada ‘versi’ setir kiri maupun kanan. (EW)

Bisa pesan setir kiri ataupun kanan (Car Watch)

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com