Pengujian Sukses, Nissan Percaya Diri 2027 Fitur Otonom Hadir di Model Baru Mereka

Penulis: Ahmad Biondi
Selasa, 4 Juni 2024 11:30 WIB
Berita - Pengujian Sukses, Nissan Percaya Diri 2027 Fitur Otonom Hadir di Model Baru Mereka
Bagikan ke:
Nissan telah berhasil menguji coba fitur otonom pada Nissan LEAF mereka. Prospek untuk diperkenalkan 2027 mendatang.

OTODRIVER - Nissan mengklaim telah berhasil melakukan uji coba di dunia nyata untuk kendaraan otonom milik mereka yang sudah dikerjakan sejak 2017 yang lalu.

Seperti dilansir Arena EV pada Senin (3/6) waktu setempat, uji coba teknologi fitur masa depan tersebut menggunakan kendaraan Nissan elektrik mereka yakni Nissan LEAF. Keberhasilan ini merupakan penawaran yang sangat berbeda dalam layanan mobilitas otonom pada tahun 2027 seperti yang mereka targetkan.

Kendaraan masa depan ini, setidaknya hadir dengan memiliki 14 kamera, 10 radar, dan 6 sensor LiDAR, sebuah peningkatan signifikan dari yang sebelumnya.

Foto - Pengujian Sukses, Nissan Percaya Diri 2027 Fitur Otonom Hadir di Model Baru Mereka
Nissan menargetkan di 2027 sudah bisa menggunakan fitur otonom pada model baru mereka

Sebagian besar sensor dipasang di atap, yang secara signifikan meningkatkan area deteksi kendaraan dan memungkinkan pengenalan lingkungan sekitar dengan lebih akurat.

Melalui cara ini, kendaraan Nissan LEAF yang dijadikan bahan uji coba dapat memprediksi perilaku pengguna jalan dan pejalan kaki yang melintas.

Tidak hanya itu saja, teknologi ini diyakini dapat mengatasi berbagai skenario kompleks, dan prototipenya telah terbukti berhasil di jalanan Yokohama.

Meski begitu, kemampuan self driving dari kendaraan ini masih menggunakan SAE level 2. Artinya, peran pengemudi dalam berkendara masih diperlukan.

Namun, hal ini kemungkinan akan membaik setelah diluncurkan pada tahun 2027 dan Nissan bekerja sama dengan semua otoritas yang terlibat untuk menghadirkan layanan mobilitas otonom pertama di Tokyo, Jepang. Sementara itu, produsen mobil berencana untuk memulai pengujian di sekitar area Minato Mirai pada Q4 2024. (AB)

#nissan #leaf #otonom

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.