Hari Ini Satu Jalur Untuk Tol ‘Semarang-Jakarta’

Hari Ini Satu Jalur Untuk Tol ‘Semarang-Jakarta’

OTODRIVER – Pihak Kepolisian mulai memberlakukan sistem satu arah saat arus mudik Lebaran mulai dari Gerbang Tol Kalikangkung Semarang hingga Tol Cikampek Utama pada hari Sabtu (13/4) mulai pukul 15.00 WIB. Setelah satu hari sebelumnya (12/4) rencana itu sedianya dilaksanakan.

Namun karena volume kendaraan yang masuk area Kalikangkung sudah lebih dari 3 ribu unit per jam maka kebijakan satu jalur di jalan tol menuju arah barat dari wilayah Semarang diberlakukan mulai tanggal 13 April 2024.

Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri, Irjen Pol. Aan Suhanan, mengatakan pihaknya opsi sistem satu arah di KM 414 Tol Kalikangkung - KM 72 Tol Cipali, Sabtu, pukul 15.00 WIB. Menurut dia, sistem satu arah akan diberlakukan secara situasional melihat perkembangan perhitungan arus lalu lintas.

"Kalau situasi masih padat, pemberlakuan one way akan diteruskan sampai 16 April 2024," katanya, seperti dikutip dari Antara.

Tidak kurang dari 12.000 kendaraan diketahui mengantre memasuki GT Kalikangkung Semarang Jawa Tengah menuju Jakarta pada Sabtu siang. Sebagaimana catatan dari Kepala Pos Terpadu Gerbang Tol Kalilkangkung, AKP Sujid R. Ia mengatakan kendaraan yang masuk ke Tol Kalikangkung menuju arah ke Jakarta mencapai 12.816 kendaraan sejak pukul 06.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB.

Pihak Polda Jateng juga memberikan perkiraan bahwa puncak arus balik Lebaran pada tanggal 15 April 2024. Saat arus balik ini, ada beberapa titik wilayah jalan tol di Jawa Tengah yang menjadi perhatian, seperti arus kendaraan mulai dari GT Banyumanik hingga Kalikangkung.

Selain itu wilayah yang mendapat perhatian cermat adalah wilayah jalur tol fungsional Solo-Yogyakarta serta jalur selatan mulai Pejagan sampai Bumiayu.

Contraflow di  tol Cikampek jaraknya diperpanjang

Sementara itu, PT Jasamarga Transjawa Tol menambah panjang sistem "contraflow" yang mengubah normal arus kendaraan di ruas jalan Tol Jakarta-Cikampek dari Km 70 sampai Km 47.

"Sebelumnya diberlakukan “contraflow satu lajur dari Km 55 sampai Km 47 arah Jakarta ruas jalan Tol Jakarta-Cikampek pada pukul 20.30 WIB atas diskresi pihak Kepolisian," kata Vice 
President Corporate Secretary and Legal
PT Jasamarga Transjawa Tol, Ria Marlinda Paallo, di Semarang (12/4).

Alasan makin kuatnya indikasi peningkatan volume kendaraan dari arah timur menuju ke barat yang membuat rentang “contraflow” diberlakukan.

Tidak lupa, Ria juga mengimbau kepada pemakai jalan tol agar menyiapkan saldo e-toll yang cukup dan memastikan kondis kendaraan yang dikendarai. Disarankan juga mengisi bahan bakar kendaraan serta perbekalan yang cukup jikalau rest area tidak bisa dimasuki.

Agar makin mudah dalam merencanakan pejalan kembali ke kota asal pihak Jasamarga memberikan potongan tarif tol 20 persen yang akan diberlakukan mulai Rabu (17/4) pukul 05.00 sampai Jumat (19/4) pukul 05.00 WIB. Potongan tarif itu berlaku di Tol Trans Jawa dari Semarang (Jawa Tengah) menuju Jakarta hanya untuk asal GT Kalikangkung menuju GT Cikampek Utama. (EW)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com