Demi Saingi Mobil Listrik China, VW Siapkan EV Rp 300 Jutaan

Demi Saingi Mobil Listrik China, VW Siapkan EV Rp 300 Jutaan

OTODRIVER - Untuk mampu bersaing dengan pabrikan asal Tiongkok, kini Volkswagen berencana meluncurkan mobil listrik kelas entry-level mereka pada tahun 2027 dan rencananya akan diberi nama ID 1.

"Nama yang sedang dirancang adalah ID 1 dan kendaraannya direncanakan untuk 2027. Kami sedang merencanakan segalanya. Kami tahu mobil harus terlihat seperti apa," kata brand chairman Volkswagen Thomas Schäfer, dalam laporan laman Autocar, Jumat (15/3).

Volkswagen saat ini sedang dalam tahap final memilih desain mobil listrik ID 1, yang akan menggantikan model e-Up. 

Dalam beberapa pekan ke depan, Volkswagen akan memutuskan seperti apa rancangan mobil listrik yang ditaksir dijual seharga 17.000 poundsterling (Rp 338,6 juta) tersebut.

ID 1 jadi model termurah VW nantinya

Bukan hanya soal desain, Volkswagen juga harus mengambil keputusan soal rencana pembuatan untuk ID 1. Jika diproduksi di Eropa, dengan ongkos produksi dan harga baterai yang tinggi maka harga jual Volkswagen ID 1 harus dicapai dengan produksi besar-besaran.

Ketika ditanya apakah ongkos pengembangan dan produksi bisa diamortisasi dengan jenama dalam grup Volkswagen, antara lain Skoda dan Seat/Cupra, Schafer mengatakan mereka akan memutuskan dalam waktu dekat.

Kabar yang berhembus sebelumnya menyebutkan Volkswagen bisa saja menggandeng Renault untuk mengembangkan ID 1 dengan Twingo, mobil rancangan Renault. (AB)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com