Bukan Ikon Hari Raya Kurban. Ini Brand Mobil Yang Gunakan Kambing Sebagai Logonya

RAM Truck fokus pada produk truk dan pikap saja
Penulis: Suryo Sudjatmiko
Senin, 17 Juni 2024 10:00 WIB
Berita - Bukan Ikon Hari Raya Kurban. Ini Brand Mobil Yang Gunakan Kambing Sebagai Logonya
Bagikan ke:

OTODRIVER - Salah satu hewan yang ‘naik daun’ dalam perayaan hari raya kurban atau Idul Adha di Indonesia adalah kambing dan domba.

Berbincang tentang binatang berkaki empat itu, dalam dunia otomotif logo kambing ataupun domba digunakan sebagai produk dari Stellantis Group yakni RAM Truck. Beberapa sumber menyebutkan bahwa penyebutan resmi produk ini adalah RAM dengan huruf besar semua.

Secara umum RAM diambil dari kata Ram yang merupakan sosok kambing jantan dengan tanduk besar yang bergulung pada kepalanya 

RAM Truck merupakan brand asal Amerika Serikat yang saat ini fokus hanya menjual produk pikap dan truk (light duty truck) yang lebih fokus ke pasar Amerika Utara. 

Brand ini didirikan pada 2009. Sebelumnya ia bernama Ram Truck Division. Namun sebenarnya tampilan sosok kambing pada Ram itu sendiri sudah cukup lama.

 

Foto - Bukan Ikon Hari Raya Kurban. Ini Brand Mobil Yang Gunakan Kambing Sebagai Logonya
Logo kambing jantan muncul pertama kali pada 1931

Semuanya dimulai pada 1931, saat Dodge menggunakan ikon kambing yang sedang melompat atau leaping ram pada produk Dodge. Nampaknya logo ini mendapat tanggapan yang positif dari pasar sehingga menggantikan logo Dodge sebelumnya yang berbentuk bintang segi enam.

Secara bertahap Dodge melakukan berbagai revisi pada logo ini. Pada 1951, Dodge mengubah desain logo kambing dan hanya menggunakan kepalanya saja. Desainnya pun berkembang tak hanya berwujud tiga dimensi namun juga dua dimensi.

Foto - Bukan Ikon Hari Raya Kurban. Ini Brand Mobil Yang Gunakan Kambing Sebagai Logonya
Logo Dodge Kambing

Salah satu produk yang terkenal pada era 50'an adalah Dodge Pick Up B-Series yang di Indonesia sohor sebagai Dodge Kambing.

Sayang sekali pada era 60-an logo kambing tidak lagi digunakan oleh Dodge ataupun aliansinya yang lain yakni Chrysler, Plymouth ataupun De Soto. 

Logo kambing malah muncul pada sosok Dodge Bighorn, sosok truk heavy duty berukuran penuh. Logo ini hanya muncul dari 1973 hingga 1976 dan setelah itu kembali hilang.

Kemunculan nama Ram 

Pada 1974 Dodge melakukan debut Ramcharger yakni SUV fullsize 2 pintu yang jadi rival Chevrolet K-5 Blazer dan Ford Bronco. Konon dari sinilah nama Ram kemudian muncul. Benar saja pada 1980, nama Ram ‘murni’ tanpa embel-embel lain di belakangnya. Dodge melebur namanya menjadi Dodge Ram.

Foto - Bukan Ikon Hari Raya Kurban. Ini Brand Mobil Yang Gunakan Kambing Sebagai Logonya
Logo kambing hanya hadir pada varian atas Dodge Ram generasi 1 

Label Dodge Ram memfokuskan diri pada model pikap, pikap extended ataupun pikap dobel kabin. Model ini masih berbagi platform dengan Ramcharger.

Kembalinya logo kambing benar-benar terjadi pada 1993 dengan dikenalkannya Dodge Ram generasi 2. Sebelumnya pada Dodge Ram gen 1, logo kambing memang muncul khusus pada varian tertinggi saja. Baru pada Gen 2 ‘si kambing’ jadi official logo. Di generasi 2 inilah nama Ram dan logo kambing jantan untuk pertama kali berpadu.

Nama Dodge Ram dan logo kambingnya ini terus eksis hingga dipisah pada 2009. Keputusan Fiat-Chrysler Automobile (FCA) saat itu menugaskan RAM sebagai brand independen untuk berlaga di pasar pikap saja. Logo kambing jantan terus digunakan hingga saat ini. Sedangkan Dodge digunakan sebagai label produk yang lebih ekslusif. Embeeekkk…. (SS)

#ram #dodge-ram #dodge-kambing #ram-truck-division #stellantis-group

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.