Brand Asal Vietnam Pastikan Pabriknya Beroperasi 2026, Target Produksi 50.000 Unit Pertahun

Brand Asal Vietnam Pastikan Pabriknya Beroperasi 2026, Target Produksi 50.000 Unit Pertahun

OTODRIVER - Setelah serbuan mobil listrik dari brand asal China di Indonesia, sepertinya dalam waktu dekat ada brand asal Vietnam yang akan berjualan di tanah air.

Hal ini sudah beberapa kali kami beritakan, di mana rencana VinFast yang notabene berbasis di Vietnam. Tengah tertarik untuk berniaga di sini. Tidak membutuhkan waktu lama, ternyata pemerintah Indonesia telah dapat memberikan statementnya.

"Kami sangat mengapresiasi rencana investasi VinFast, karena akan turut mendukung pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia, mengingat potensi yang besar di Indonesia," ujar Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita dalam keterangan resmi, ditulis Senin (15/1/2024).

Dalam kunjungan kerjanya di Vietnam, selain mendampingi agenda Presiden RI Joko Widodo, Menperin Agus mengawali pertemuan dengan perwakilan dari VinFast, yang dihadiri oleh Manufacturing Division Deputy CEO, CEO VinFast Indonesia & Malaysia, serta Senior Assistant to the Chairman International Relations Director.

VinFast menyampaikan bahwa Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki iklim usaha yang kondusif. Hal ini yang membuat VinFast berminat untuk menggelontorkan dananya pada tahap awal pembangunan pabrik sebesar US$ 200 juta, yang akan dimulai 2024.

Salah satu model yang masuk pasar Indonesia

"VinFast sedang mengidentifikasi lokasi yang cocok untuk mendirikan pabrik di Indonesia. Kebutuhan lahannya sekitar 240 hektar," ungkap Agus.

Adapun total kapasitas pabrik akan mencapai 50.000 unit per tahun, dengan target penyerapan tenaga kerja sebanyak 1.000-3.000 orang. Pabrik ini akan beroperasi pada tahun 2026. 

Menurut informasti, VinFast sudah menyiapkan dana hingga US$ 1,2 miliar untuk produksi kendaraan listrik di Indonesia. (AB)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com