Banyak Yang Belum Tahu, Ini Perbedaan Merawat Mobil Hybrid dengan Mobil Konvensional

Mobil hybrid mulai banyak beredar di jalan. Bagi yang tertarik membelinya, ketahui dulu cara merawatnya.
Penulis: Ahmad Biondi
Selasa, 8 Oktober 2024 14:40 WIB
Berita - Banyak Yang Belum Tahu, Ini Perbedaan Merawat Mobil Hybrid dengan Mobil Konvensional

Wuling Almaz Hybrid

Bagikan ke:

OTODRIVER – Selain mobil listrik, saat ini para pabrikan juga memproduksi banyak mobil hybrid. Namun sebetulnya mobil hybrid tergolong lebih praktis karena tidak membutuhkan charging station untuk mengisi baterai mereka.

Oleh karena itu, masih banyak masyarakat pengguna mobil berbahan bakar konvensional memilih untuk mengganti ke model hybrid ketimbang EV.

Tapi sebetulnya dalam hal perawatan, ada beberapa hal yang berbeda antara merawat mobil hybrid dengan mobil konvensional.

“Perbedaan utama perawatan mobil hybrid dan biasa terletak di baterainya. Untuk mobil hybrid, baterai merupakan hal vital sehingga performanya harus dipantau. Pastikan filter di area sekitar baterai bebas dari debu,” ujar Danang Wiratmoko selaku Product Planning Wuling Motors.

Sementara pada mobil biasa, maintenance-nya berfokus pada mesin. Perawatan mesin pada mobil biasa meliputi rajin ganti oli, filter, dan sebagainya. Pastikan pada mobil biasa, jangan sampai telat ganti oli.

Foto - Banyak Yang Belum Tahu, Ini Perbedaan Merawat Mobil Hybrid dengan Mobil Konvensional
Baterai mobil hybrid

Masih menurut Danang, kinerja mesin mobil hybrid memang lebih ringan. Tetapi perawatan berkala pada mobil hybrid harus dilakukan tepat waktu. Sebaiknya Anda tidak boleh melewatkan jadwal ganti oli, air radiator, hingga aki. Memang hal ini tidak jauh berbeda dari perawatan mobil biasa.

Akan tetapi, terdapat beberapa bagian biaya perawatan mobil hybrid yang cenderung lebih mahal. Terutama ketika mengalami masalah kerusakan di baterai, Anda harus bersiap merogoh kocek lebih dalam.

Apakah berarti biaya mobil hybrid lebih mahal dibandingkan mobil biasa? 

Biaya perawatannya iya, tetapi biaya penggunaannya tidak. Mobil hybrid menggunakan bahan bakar kombinasi listrik dan fosil, sehingga biaya operasionalnya menjadi lebih rendah. Uang yang Anda keluarkan untuk menggunakan mobil hybrid setiap hari menjadi lebih sedikit dibandingkan menggunakan mobil biasa.

Selain konsumsi bahan bakarnya yang irit, performa hybrid juga tidak kalah dengan mobil biasa. Nah, Anda tertarik untuk menggunakan mobil hybrid sebagai kendaraan masa kini? Pastikan perawatan mobil hybrid dilakukan secara tepat agar mobil kesayangan Anda ini tidak cepat turun performanya. (AB)

#mobil-hybrid #merawat-mobil-hybrid #spesifikasi-mobil-hybrid #perbedaan-merawat-mobil-hybrid-dengan-konvensional #mobil-hybrid-wuling

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.