BAIC Bersiap Masuk Indonesia. Bawa Rival Jeep Wrangler?

BAIC Bersiap Masuk Indonesia. Bawa Rival Jeep Wrangler?

OTODRIVER - Serbuan brand asal negeri tirai bambu, terasa semakin masif. Kabar yang berkembang akan ada beberapa brand yang akan menyerbu Indonesia dalam waktu dekat ini, salah satunya adalah BAIC atau Beijing Automotive Group Co., Ltd.

Hal ini tercium dari Instagram official BAIC Indonesia yaitu @baicindonesia.

Dalam unggahan terakhirnya, pihak BAIC Indonesia tidak hanya mengunggah ucapan selamat menunaikan ibadah puasa Ramadan bagi umat muslim di tanah air, namun sekaligus memberi clue akan kehadirannya.

"Saat kami menghitung mundur keseruan petualangan dan merek kendaraan baru kami, kami siap menemani Anda di semua momen petualangan Anda," tulis @baicindonesia.

Unggahan BAIC Indonesia di Instagram 

Sejauh ini memang belum ada detail resmi mengenai kapan kiprah BAIC Indonesia. Namun beberapa clue lain seperti undangan yang ditujukan pada OtoDriver untuk melakukan lawatan ke fasilitas BAIC pada Mei nanti, bisa jadi isyarat kehadirannya yang semakin dekat.

Kembali Instagram milik BAIC, setidaknya ada lima postingan dengan tema model BAIC BJ40. Mungkin ini adalah model yang akan masuk ke pasar Indonesia.

Spekulasi sementara model ini akan dibawa ke ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 mendatang.

Mengenai sosok BJ40 itu sendiri adalah SUV ladder frame yang kurang lebih memiliki konsep yang sama dengan Jeep Wrangler.

Hal ini dapat ditangkap dengan baik dari visual mobil ini yang punya kemiripan dengan produk Amerika itu.

Sedangkan untuk penamaannya BJ berasal dari singkatan Beijing-Jeep. Penamaan ini diambil dari sejarah kerjasama pada era 80-an antara Beijing Automotive Engineering Company (pendahulu BAIC saat ini) dengan American Motor Company (AMC) selaku pemilik brand Jeep saat itu.

BJ40 itu sendiri untuk pertama pada 2013 silam dan pertama kali hadir sebagai sebuah SUV short  wheel base (SWB). Baru pada 2016 versi long wheel base (LWB) diperkenalkan pada khalayak.

Dari sisi mesin, terdapat tiga pilihan mesin yakni 2.0 liter turbo, 2.3 liter turbo dan 2.4 liter (N/A). Ketiganya diakurkan dengan pilihan transmisi matik 6 percepatan dan manual 5 percepatan.

Jika melihat dari laman BAIC di negeri asalnya, BJ40 merupakan model yang masih diproduksi hingga sekarang. Walaupun pada 2023 silam pabrikan BUMN China itu meluncurkan model generasi kedua dari BJ40 II alias BJ40 Generasi II.

Model yang mirip Ford Bronco ini justru tidak ditampilkan pada Instagram BAIC Indonesia. Mungkin model ini belum atau tidak dimasukkan ke pasar Indonesia dan lebih berkonsentrasi pada BJ40 gen I terlebih dulu. Atau bisa saja akan membawa produk lainnya.

Untuk perkembangannya kita tunggu tanggal mainnya. (SS)

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com