"All New" Hyundai Kona Electric: Menciptakan Pasar Baru

Sudah dirakit di Indonesia
Penulis: Erie W. Adji
Minggu, 16 Juni 2024 14:15 WIB
Berita - "All New" Hyundai Kona Electric: Menciptakan Pasar Baru

Hyundai Kona EV diperkirakan rilis perdana di GIIAS 2024 bulan Juli nanti

Bagikan ke:

OTODRIVER -  Hyundai Kona EV terbaru boleh disebut sebagai mobil listrik yang paling ditunggu publik. Karena sejujurnya SUV ini termasuk pelopor mobil listrik di Indonesia karena sudah dijual secara resmi di Indonesia di tahun 2020. 

Tentu saja waktu itu animonya memang belum menggembirakan. Hal yang paling sederhana mengemuka adalah soal isi ulang daya listriknya. Ditambah beragam keraguan soal teknis berkendara, mengoperasikan berbagai fitur yang ada, termasuk tentang durabilitas, dan tentu saja jarak tempuh. 

Namun dalam dua tahun terakhir telah terjadi pergeseran besar bagi pemakai kendaraan listrik di Indonesia. Setidaknya di wilayah seperti Jakarta, dimana pemahaman soal teknologi, desain, pengoperasian, sampai tentang servis berkala sebuah mobil listrik sudah membaik secara signifikan. 

Hal ini sejalan dengan yang diungkapan oleh Budi Nur Mukmin, Chief Marketing Officer PT Hyundai Motor Indonesia (HMID). Ia menyebutkan bahwa keputusan pihaknya konsisten merilis mobil listrik karena beradasrkan riset internal mereka kepemilikan mobil listrik di Indonesia dilakukan oleh pemilik kendaraan yang sudah memiliki kendaraan jenis lain sebelumnya. 

“Berbeda dengan segmen mobil hybrid sebenarnya hanya ‘menggeser’ pemakai mobil ICE (mesin konvensional, Red),” ungkapnya. Hal ini lebih jauh dimaksudkan bahwa dengan membeli mobil hibrida maka serupa mengganti mobil yang lama dengan yang baru. 

Berbeda dengan pembelian mobil listrik yang disebutkan Budi umumnya merupakan second car. “Ini merupakan upaya kami untuk bisa create market,” ujarnya saat ditemui di ajang ‘mini motorshow’ Hyundai di kawasan Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pekan ini (15/6). 

Dilanjutkan pemakai kaca mata itu bahwa pihak HMID berupaya untuk menghadirkan produk baru agar bisa membantu pasar mobil baru di Indonesia bisa pulih. Mengingat total penjualan mobil baru diakuinya memang melemah di perlihan kuartal pertama dan kedua tahun ini.     

“Market tidak sedang baik-baik saja, kurs rupiah melemah, terendah sejak tahun 2021, suku Bungan masih tinggi,” akunya. Dilajutkannya lagi pihak HMID berupaya membantu ‘menciiptakan’ stimulus dengan masuk ke segmen-segmen mobil baru yang belum dimasuki Hyundai sebelumnya.

Foto - "All New" Hyundai Kona Electric: Menciptakan Pasar Baru
Panel indikator simpel dengan digitak cluster lengkap 
Foto - "All New" Hyundai Kona Electric: Menciptakan Pasar Baru
Ada sunroof sebagai fitur standar
Foto - "All New" Hyundai Kona Electric: Menciptakan Pasar Baru
Bagasi termasuk luas untuk SUV sekelasnya

Harga Kona Electric ‘Masih’ Di Rp500 Jutaan

Mengenai harga penawaran SUV listrik terbaru yang versi purwarupanya muncul di ajang IIMS awal tahun ini masih disebutkan Budi berada di kisaran Rp500 jutaan. “Kami masih menghitung angka pastinya,” kilahnya. 

Saat ditanya apakah dengan dirakit di Indonesia, termasuk pemakaian baterai buatan lokal, akan membuat estimasi harga jadi buat Kona tenaga listrik akan bisa lebih turun lagi juga masih belum bisa dipastikan. 

“Komponen harganya masih terus berkembang, tetap yang jelas salah satunya memang karena fluktuasi kurs Rupiah yang membuat kami harus berhati-hati dengan harga Kona Electric,” jabar pria yang pernah barkarier di Toyota dan Nissan itu.

Berdasarkan pengamatan di laman Hyundai Indonesia, preposisi varian Kona tenaga listrik adalah; Signature (Long Range 500 Km), Signature (Standard Range 400 Km), Prime (Long Range 600 Km), dan Prime (Standard Range 400 Km).

Dipungkaskannya, sejak tampil perdana dalam bentuk mobil konsep di ajang IIMS yang lalu sudah ada pemesanan unit sebanyak 300 unit atas Kona Electric. (EW)

Foto - "All New" Hyundai Kona Electric: Menciptakan Pasar Baru
Tanda ‘sah’ Hyundai Kona EV adalah produksi Indonesia
Foto - "All New" Hyundai Kona Electric: Menciptakan Pasar Baru
Ukuran ban Hyundai Kona EV adalah 235/45 R18

#hyundai #kona #ev #allnew #hmid

Bagikan ke:
Jangan lewatkan

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.