Versi Mazda CX-5 Hybrid Segera Meluncur. Gunakan Sistem Hybrid  Toyota

Versi Mazda CX-5 Hybrid Segera Meluncur. Gunakan Sistem Hybrid Toyota

CX-5 merupakan tulang punggung Mazda. Model ini tak lain adalah yang terlaris di dunia. Walaupun pabrikan yang bermarkas di Hiroshima ini semakin gencar meluncurkan berbagai produk gres, akan tetapi eksistensi CX-5 akan tetap ada sampai beberapa waktu ke depan melalui kehadiran generasi ke tiga.

Dikutip dari Drive, peluncuran resmi belum ditentukan, namun Mazda mengonfirmasi versi baru CX-5 akan hadir di ruang pamer bersama dengan SUV CX-50 dan CX-90 yang lebih besar. Generasi terbaru CX-5 kemungkinan akan menggunakan konfigurasi yang mirip dengan model saat ini, termasuk mesin empat silinder, penggerak roda depan, dan penggerak semua roda opsional. Namun yang menjadikannya lebih istimewa adalah ketersediaan powertain hybrid yang disebut-sebut mirip dengan yang digunakan pada Toyota RAV4 Hybrid ataupun Corolla Cross Hybrid. 

Aplikasi sistem hybrid Toyota pada Mazda ini lantaran Toyota memiliki lima persen saham di Mazda, dan kedua perusahaan tersebut telah berkolaborasi dalam beberapa kendaraan, termasuk Mazda 3 hybrid yang hanya dipasarkan di Jepang. Di sisi lain, tepatnya di AS, Toyota Corolla Cross dan Mazda CX-50 dirakit di pabrik Mazda Toyota Manufacturing di Huntsville, Alabama.

Sebelumnya, Mazda mengumumkan rencana untuk memproduksi tiga kendaraan listrik, lima hibrida plug-in, dan lima hibrida konvensional pada tahun 2025. Namun, belum disebutkan model mana yang akan menawarkan versi powertrain tersebut.

Ada juga rumor tentang beberapa Mobil hybrid akan menggunakan mesin rotary. Mazda telah mengisyaratkan akan menawarkan mesin rotary versi hybrid CX-30 di AS dan telah mengajukan paten untuk mobil sport yang menggunakan PHEV rotary.

Tidak seperti mobil bermesin rotari sebelumnya, mesin pembakaran internal tidak akan menggerakkan roda CX-30. Sebaliknya, itu akan menghasilkan listrik untuk mengisi ulang baterai 17,8 kWh, yang menyediakan jangkauan hanya listrik hingga 53 mil. Jeff Guyton, CEO Mazda Amerika Utara, mengatakan pihaknya tidak mengesampingkan kembalinya rotary ke pasar AS tetapi saat ini memprioritaskan peluncuran CX-30 di Eropa dan Jepang.

Sebaliknya, pasar AS mendapatkan CX-90, SUV tiga baris, kendaraan yang sangat populer di Amerika Utara. Ini akan bergabung akhir tahun ini dengan CX-70, versi dua baris dari CX-90, memberi Mazda jajaran lengkap SUV, termasuk CX-5, di masa mendatang.

Akankah CX-5 hybrid berkiprah di Indonesia? Kita tunggu saja tanggal mainnya 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com