Tim Asal Indonesia Berlaga Di AXCR 2023 dengan SUV Bermesin V8

Penulis: Suryo Sudjatmiko
Rabu, 26 Juli 2023 11:00 WIB
Berita - Tim Asal Indonesia Berlaga Di AXCR 2023 dengan SUV Bermesin V8
Bagikan ke:
Mobil bermesin V8 inilah yang dipercaya untuk menjabani medan reli AXCR 2023 sejauh kurang lebih 2.000 kilometer itu.

OTODRIVER - Tahun ini ajang Asia Cross Country Rally (AXCR) 2023 kembali digelar dengan mengambil rute Thailand menuju Laos. Pembalap Indonesia pun ikut berpertisipasi, salah satunya Julian Johan sebagai driver dan Recky Resanto yang mengusung bendera Merah-Putih melalui tim Jejelogy GHP

Pada ajang yang digelar 13-19 Agustus 2023 ini mereka membesut Lexus LX570 yang justru diubah tampilannya jadi Land Cruiser 200.

Mobil inilah yang dipercaya untuk menjabani medan reli sejauh kurang lebih 2.000 kilometer itu.

“Senang rasanya bisa mengumumkan keikutsertaan saya dan Recky dalam kompetisi ini. Event ini merupakan mimpi kecil saya untuk bisa merasakan betapa ganasnya rally Dakar versi Asia,” ujar pereli dan off-roader yang biasa disapa Jeje ini.

Dari pihak co-driver, Recky mengatakan bahwa ia dan driver telah melakukan berbagai persiapan mobil dan juga fisik. “Tidak hanya dari mobil, namun fisik yang menjadi modal utama selama melakoni AXCR yang juga telah kami persiapkan. Semoga apa yang sudah kita mulai ini, bisa memberikan dampak yang positif untuk industri motorsport, terutama rally di Indonesia,” tambah Recky.

Dengan modal mobil ini Jeje dan Recky akan bertarung di kelas T1G yang merupakan kelas mobil bermesin bensin dan berpenggerak 4x4.

Foto - Tim Asal Indonesia Berlaga Di AXCR 2023 dengan SUV Bermesin V8
Mesin V8 berkode 3UR-FE, 5.700 cc mesin bensin terbesar milik Toyota

Berbincang mengenai mobil, pilihan jatuh pada Lexus LX570 salah satunya lantaran mesin yang digunakan yakni 3UR-FE. Mesin V-8 ini cukup punya reputasi di berbagai ajang balap khususnya di Amerika Utara.

Masalahnya di Indonesia versi Land Cruiser 200 dengan mesin 3UR-FE tidak ada. Mesin ini hanya tersedia untuk 200 Series untuk pasar Amerika Utara dan Timur Tengah.

Jadi pilihan kemudian jatuh pada Lexus LX570 yang sudah bawaan orok menggunakan mesin terbesar dalam sejarah produksi mesin bensin The Ovals itu.

Sebagai penggemar berat Land Cruiser, Jeje pun lantas mengubah penampilan mobil ini dengan muka Land Cruiser 200. “Tampangnya jadi lebih sporty dengan wajah Land Cruiser 200,” imbuh Jeje.

Berbagai ubahan dilakukan pada mobil ini agar lebih ringan. Penggunaan material ringan seperti serat karbon pada bagian pintu, bagasi dan kap mesin. Serta bahan fiber untuk fender wide body dan bumper. Terjadi pemangkasan bobot sebesar 150 kg pada bagian yang diganti ini.

Foto - Tim Asal Indonesia Berlaga Di AXCR 2023 dengan SUV Bermesin V8
Kabin belakang untuk tempat ban dan dongkrak 

Sementara untuk interior, beberapa komponen seperti jok belakang, panel door trim, serta beberapa aksesoris lainnya telah dieliminasi dan digantikan dengan adanya roll bar yang membentang dari depan ke belakang, 2 ban serep serta penambahan perangkat navigasi khusus rally.

Jok depan pun telah mengalami pergantian menggunakan model racing dengan standar FIA untuk memberikan kenyamanan serta keselamatan driver dan co-driver selama kompetisi berlangsung.

Untuk mesin, tidak diubah spesifikasi dasarnya. Hanya dibongkar ulang dan disegarkan kembali kondisinya serta diganti exhaust systemnya.

Selamat berjuang. (SS)

Foto - Tim Asal Indonesia Berlaga Di AXCR 2023 dengan SUV Bermesin V8
Suspensi depan diupgrade menggunakan arm bikina Total Chaos dan sokbreker King Shock
Foto - Tim Asal Indonesia Berlaga Di AXCR 2023 dengan SUV Bermesin V8
Interior menyesuaikan kebutuhan reli

 

#jejelogy #axcr-2023 #land-cruiser-200 #lexus-lx570 #jejelogy-ghp

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.