Suzuki XL7, Sang Pelopor Hybrid di Segmen LSUV

Penulis: Suryo Sudjatmiko
Kamis, 22 Juni 2023 08:00 WIB
Berita - Suzuki XL7, Sang Pelopor Hybrid di Segmen LSUV
Bagikan ke:
Suzuki XL7 ini hadir sebagai pelopor hybrid di segmen LSUV

Beberapa saat lalu, Suzuki kembali membuat terobosan baru. Jika semula Ertiga Hybrid yang membuka era kendaraan hybrid di segmen Low MPV (LMPV), maka kini giliran XL7 yang muncul sebagai pelopor di segmen Low SUV (LSUV).

Seperti halnya teknologi hybrid pada Ertiga, Kehadiran teknologi hybrid yang dicantelkan pada XL7 ini belum pernah diberikan oleh brand manapun di segmen LSUV.

Sistem hybrid  ini menjadikan XL7 Hybrid menjadi LSUV yang cukup menarik, seperti kita ketahui, segmen ini merupakan ‘medan tempur’ yang yang tengah bertumbuh dengan cepat di tanah air.

Berbincang mengenai teknologi hybrid, LSUV rakitan Jawa Barat ini mengadopsi sistem Suzuki Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS). Sistem ini tergolong dalam kategori mild hybrid.

XL7 menjadi mobil keempat yang dipasarkan di Indonesia dengan mengadopsi teknologi ini, setelah Ertiga Diesel Hybrid, Ertiga Hybrid dan Grand Vitara.

Walaupun dibangun pada platform yang sama dengan Ertiga, namun khusus untuk baterai hybridnya, XL7 menggunakan jenis baterai yang lebih besar yakni 10Ah, sedangkan untuk Ertiga hanya menggandalkan baterai 6Ah. Dengan demikian maka baterai yang digunakan pada XL7 sama dengan milik Grand Vitara.

Kehadiran baterai dengan ukuran lebih besar ini tentunya menjadi keunggulan tersendiri, salah satunya pihak Suzuki  mengklaim terdapat tambahan daya listrik ke Intergrated Starter Generator (ISG) pada mesin bisa lebih lama. 

Foto - Suzuki XL7, Sang Pelopor Hybrid di Segmen LSUV

Walaupun merupakan mobil hybrid, namun sebuah XL7 tetap memiliki banderol yang affordable. Semua  ini dikarenakan sistem Mild Hybrid yang dipilih oleh pabrikan berlogo S ini.
"Suzuki ingin lebih proaktif dalam mendukung keramahan lingkungan, namun dengan tetap  mempertahankan poin-poin yang Suzuki punya, yakni affordable dan value for money. Jadi, Suzuki berusaha untuk menghadirkan kendaraan yang tetap terjangkau namun tetap memiliki teknologi ramah lingkungan ," terang Zulfikar Rafi Al Ghany Head of Public Relations PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), saat ditemui pada peluncuran produk di Jakarta beberapa waktu silam.

Dengan teknologi hybrid ini Suzuki mengatakan bahwa XL7 Hybrid ini mampu mereduksi emisi gas buang hingga 15% jika dibanding non hybrid.

“Selain itu produk yang berbekal sistem hybrid ini juga akan punya efisiensi yang relatif lebih baik,” tutur Donny Saputr 4W Marketing Director PT SIS yang ditemui dalam kesempatan yang sama.

Walau demikian, Donny mengatakan bahwa seberapa besar reduksi BBM yang bisa dicapai sangat tergantung pada tabiat berkendara dari pengguna. “Teman-teman harus membuktikan sendiri untuk hal tersebut,” imbuh pria bertubuh subur ini.

Saat ini PT SIS memproyeksikan rencana penjualan hingga 12 ribu unit untuk pasar dalam negeri hingga akhir tahun ini. Sedangkan untuk eksport juga diproyeksikan pada angka yang sama.

Donny mengatakan bahwa pemesanan XL7 Hybrid tidak mengalami inden dan unit tersedia lantaran sudah mulai dirakit pada April silam.

 

#suzuki-xl7 #hybrid-lsuv #shvs

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.