Setelah Zenix, Toyota Indonesia Ekspor Mobil Hybrid Kedua Yaris Cross

Setelah Zenix, Toyota Indonesia Ekspor Mobil Hybrid Kedua Yaris Cross

PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) kembali mengekspor mobil hybrid keduanya setelah Innova Zenix beberapa waktu lalu. Kali Ini ada Toyota Yaris Cross yang diperkenalkan pertengahan Mei 2023.

Dalam ekspornya sendiri terdapat Yaris Cross tipe Bensin dan Hybrid Electric Vehicle (HEV), dimana menyasar negara Asia dan Amerika Tengah - Selatan. Seremoni dilakukan langsung di Pabrik TMMIN Karawang 1 dan 2, Karawang Barat, Jawa Barat.

Hao Quoc Tien, Toyota Motor Corporation CEO of Asia Region and President of Toyota Motor Asia Pacific mengatakan Yaris Cross produksi lokal bakal diekspor ke lebih dari 25 negara. 

"Kami akan mengekspor Yaris Cross ke lebih dari 25 negara di Asia, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan, jumlahnya sekitar 60 persen dari total produksi," kata Hao di Karawang, Jawa Barat, Selasa (13/6).

Produksi Yaris Cross sendiri, merupakan bagian dari komitmen kami di Toyota Indonesia untuk mendukung program pemerintah dalam mengurangi emisi dengan memberikan lebih banyak pilihan model elektrifikasi dan kendaraan hemat bahan bakar bagi beragam lapisan konsumen," jelas Presiden Direktur TMMIN Warih Andang Tjahjono. 

Perlu diketahui, Yaris Cross buatan Indonesia dengan kandungan lokal 80 persen, baik versi bensin maupun HEV. Untuk mesin bensin berkode 2NR-VE dengan kapasitas 1.500 cc 4 silinder Dual VVT-i dengan tenaga 106 dk dan torsi 138 Nm. Mesin ini memiliki dua pilihan transmisi, yakni manual 5 percepatan dan otomatik CVT.

Sedangkan pilihan kedua merupakan mesin hybrid. Mesin hybrid berkode 2NR-VEX. Mesin hybrid ini merupakam jantung pacu baru yang belum pernah digunakan oleh mobil Toyota-Daihatsu sebelumnya. 

Sementara itu, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang, menginginkan agar TMMIN juga memperlebar ekspor ke pasar Australia.

"Saya berharap Yaris Cross bisa menjadi bagian ekspor dari Indonesia ke pasar Australia," ujar Agus dalam kesempatan yang sama. 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com