Pertalite Tidak Dihapus, Hanya Dibatasi Konsumenya

Penulis: Gemilang Isromi Nuar
Jumat, 8 September 2023 10:00 WIB
Berita - Pertalite Tidak Dihapus, Hanya Dibatasi Konsumenya
Bagikan ke:
Efisiensi dilakukan agar penggunaan BBM RON 90 tersebut tepat sasaran.

OTODRIVER - Kabar informasi Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite yang akan dihapus pada 2024 dibantah oleh Menteri BUMN, Erick Thohir yang ada BBM bersubsidi itu perlu diefisienkan.

"Yang ngomong siapa? Kan tidak pernah ada statement Pertalite dihapuskan, tidak pernah ada loh. Tetapi efisiensi penggunaan Pertalite harus terjadi," kata Erick di Banten dikutip dari Antara, Kamis (7/9).

Ia menyebut, efisiensi dilakukan agar penggunaan BBM RON 90 tersebut tepat sasaran. Bisa dibilang subsidi Pertalite banyak yang salah sasaran. "Jangan orang mampu beli bensin subsidi, itu kan enggak boleh. Nah itulah kenapa yang namanya Pertamax tetap ada," papar Erick.

Kedepannya supaya masyarakat yang mampu beralih menggunakan bahan bakar campuran bioetanol yang lebih ramah lingkungan untuk menekan polusi udara.

Sebelumnya, PT Pertamina menyatakan bahwa pada tahun depan pihaknya ingin menghapus BBM RON 90 atau Pertalite diganti menjadi Pertamax Green 92.  Walaupun sama dengan Pertamax yang sekarang dimana sama-sama RON 92, hasil campuran Pertalite dan Etanol akan dijual lebih mahal.

"Kalau di negara lain ketika kendaraan masih dipakai, untuk mengurangi polusinya memakai apa? Biofuel, betul nggak? Kan itu kayak di Brazil, campuran bioetanol-nya itu masuk. Tapi kan harganya lebih mahal, kalau semuanya harus disubsidi, mungkin pemerintah sulit," ujar Eric, Selasa (5/9). (GIN)

#bbm #pertalite #pertamina #pembatasan-bbm

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.