Percepat Migrasi Elektrifikasi, Industri Otomotif Indonesia Akan Segera Beralih ke Listrik

Percepat Migrasi Elektrifikasi, Industri Otomotif Indonesia Akan Segera Beralih ke Listrik

Dalam perkembangan otomotif di Tanah Air, Pemerintah serius mendorong pengembangan kendaraan berbasis listrik guna mendukung upaya pengurangan emisi karbon. Terbaru, Pemerintah melalui Kementerian Energi Sumber Daya Manusia (ESDM) resmi menetapkan insentif untuk kendaraan listrik sebesar Rp7 juta dan akan berlaku pada Maret mendatang.

Hal itu disampaikan, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif di kantor Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi. "Kalau sepeda motor ya kisaran magnitude-nya itu (Rp 7 juta). Kalau roda 4 bentuknya bukan uang (pajak) iya," kata Arifin di Jakarta, Senin (20/2).

Sementara itu, dikutip dari laman kemenperin.go.id, pemerintah terus memacu penerapan teknologi dan peningkatan investasi di sektor otomotif nasional, termasuk mengakselerasi pengembangan kendaraan listrik roda dua, tiga serta roda empat atau lebih yang berbasis baterai listrik maupun mild hybrid dan strong hybrid. Melalui IIMS 2023, pemerintah berjalan beriringan dengan pameran bergengsi tahunan ini untuk mendorong percepatan migrasi kendaraan elektrik.

"Mengenai tren dunia yang ke depan ini semua negara ini akan mendorong penggunaan mobil listrik. Saya juga mengajak industri otomotif untuk mulai melihat tren ini dan sedikit demi sedikit untuk menggeser industrinya ke arah tren yang hampir semua negara sekarang ini ke arah itu, dari combustion geser sedikit-sedikit ke mobil listrik," ujar Presiden Republik Indonesia, Jokowi saat berkunjung ke IIMS 2023 pada Kamis (16/2). 

Ia berujar, pemerintah sekarang ini terus mendorong dari hulu sampai ke hilir. Menurutnya, ekosistem besar kendaraan listrik ini segera bisa dimiliki sehingga dapat masuk ke supply chain global. "Dari EV battery, dari lithium battery, semuanya akan terus kami dorong agar ini segera bisa selesai,” ujar Jokowi. 

Sedangkann dari sisi industri,D yandra Promosindo sebagai penyelenggara IIMS 2023 menghadirkan total 165 peserta, dengan 45 peserta merupakan merek kendaraan roda empat, roda dua, dan kendaraan listrik.

"IIMS 2023 sekaligus mendukung misi pemerintah untuk terus memotivasi mendorong percepatan migrasi dari kendaraan konvensional-fosil ke listrik atau elektrik, sesuai Inpres yang baru saja diperbarui Nomor 7 Tahun 2022. Untuk itu, kami sangat menantikan kehadiran semua orang di IIMS 2023 dan berharap acara ini dapat dijadikan sebagai platform untuk pertumbuhan dan kesuksesan ekonomi di Indonesia," kata Daswar Marpaung, Presiden Direktur Dyandra Promosindo.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com