Mitsubishi Pajero Terpilih Sebagai Mobil Bersejarah Jepang

Mitsubishi Pajero Terpilih Sebagai Mobil Bersejarah Jepang

OTODRIVER - Mitsubishi Motors Corporation mengumumkan bahwa Pajero generasi pertama dipilih  oleh Japan Automotive Hall of Fame (JAHFA), sebagai salah satu mobil bersejarah di Jepang karena kontribusinya yang besar pada sejarah otomotif di Negara Matahari Terbit itu.

Namun sebelumnya agar tidak menimbulkan salah pengertian, perlu digarisbawahi bahwa terdapat perbedaan antara Pajero dan Pajero Sport. Dan dalam hal ini ‘The Real Pajero’ menjadi mobil yang dimaksud. SUV ladder frame ini pertama kali diluncurkan pada 1982. Sedangkan untuk Pajero Sport muncul pada 1996 dan dikenal juga sebagai Challenger. Model ini ditempatkan sebagai model regional di beberapa tempat dan diposisikan di bawah The Real Pajero.

Baca juga : 12 Tahun Kiprah Pajero Sport Di Indonesia

Kembali ke Pajero atau Real Pajero. Dipilihnya mobil ini oleh JAHFA tak lain dikarenakan kemampuan off-road yang lengkap yang memadukan handling off-road yang sangat baik. Reputasinya pun terbentuk dengan cukup cepat muncul sebagai salah satu kendaraan 4x4 yang berpengaruh pada saat itu.

Sejarah lainnya yang diukir Pajero yakni di ajang balapan ketahanan Rally Dakar. Pertama kali ikut Rally Dakar pada 1983, Pajero memiliki reputasi sebagai rally raid terberat di dunia. Mobil ini berhasil meraih kemenangan umum di 1985, yang menjadi kemenangan pertama untuk kendaraan Jepang.

Di ajang rally terganas di dunia itu, Pajero berpartisipasi sebanyak 26 kali hingga 2009. Sebanyak 12 kemenangan berhasil diraihnya, termasuk tujuh kemenangan berturut-turut.

Kiprah Pajero di Dakar Rally pada 1985

Melalui Pajero Generasi Pertama ini, diletakkan pondasi utama dari SUV yang legendaris yang kemampuannya diturunkan pada generasi-generasi penerusnya bahkan juga dititiskan juga pada SUV yang akrab dengan masyarakat Indonesia yakni Pajero Sport.

Baca juga : Mengenal Lebih Jauh Keluarga Pajero

Selain itu rival dekat Toyota Land Cruiser Prado ini pun kemudian memperluas modelnya di luar Pajero Sport di antaranya dengan menambahkan Pajero Mini, sebuah kei-car yang hadir pada 1994. Kemudian pada 1995 muncul Pajero Junior dan juga Pajero iO yang dikenal juga sebagai Pajero Pinin pada 1998.

The Real Pajero berkiprah hingga 2021, tepatnya pada generasi IV dengan mencatatkan jumlah sebanyak 3,25 juta unit. Dalam karirnya, Pajero telah diekspor ke 170 negara termasuk Indonesia. (SS)

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com