Mesin Berbahan Bakar Hidrogen, Harapan Baru Untuk Land Cruiser

Mesin Land Cruiser 300 berhasil adopsi Hidroy
Penulis: Suryo Sudjatmiko
Kamis, 16 November 2023 08:35 WIB
Berita - Mesin Berbahan Bakar Hidrogen, Harapan Baru Untuk Land Cruiser
Bagikan ke:

OTODRIVER - Toyota menjadi salah satu pabrikan yang berpandangan bahwa mobil listrik murni bukan satu-satunya solusi untuk mendapatkan mobil dengan emisi nol alias Zero emision. Bahkan mereka percaya bahwa mesin bakar masih punya kesempatan untuk berkiprah.

Raksasa Jepang itu meyakini bahwa mesin bakar dengan asupan hidrogen menjadi sesuatu yang sangat menjanjikan 

Beberapa mobil berbahan bakar hidrogen sudah dipresentasikan bahkan, The Three Ovals menguji di ajang motosport dengan mengandalkan GR Yaris dan GR Corolla bermesin 1.6 liter turbochargered.

Selain itu Toyota juga telah mengujinya dalam wujud lain yakni HiAce dengan bahan bakar hidrogen di program percontohan yang dilakukan di Australia.

Van ini mengandalkan mesin V6 turbochargered yang dicomot dari Land Cruiser 300, lengkap dengan transmisi 10 percepatan yang disalurkan pada roda belakang.

Dikutip dari the drive, Toyota mengatakan teknologi ini juga masuk akal untuk disematkan pada Land Cruiser serta kendaraan besar lainnya yang dimaksudkan untuk menarik dan mengangkut kargo besar.

Presiden Pabrik Hidrogen Mitsumasa Yamagata mengatakan: "Ada kemungkinan untuk mengadaptasi [mesin berbahan bakar hidrogen] ke dalam kendaraan besar, termasuk Land Cruiser. Keunggulan teknologi ini dapat dimanfaatkan untuk kendaraan tersebut termasuk pada tugas berat ataupun menarik bobot besar," ungkapnya.

Belum ada konfirmasi lebih lanjut tentang mesin hidrogen untuk Land Cruiser, namun setidaknya keberhasilan ini membuka harapan bahwa sang legenda Land Cruiser akan tetap eksis dengan mesin bakar ramah lingkungan. (SS)

#toyota #land-cruiser #hidrogen

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.