Inschape Mulai Rakit GWM di Indonesia Awal Tahun Depan

Inschape Mulai Rakit GWM di Indonesia Awal Tahun Depan

OTODRIVER - Great Wall Motor (GWM) dijadwalkan akan mulai merakit mobilnya di Indonesia awal 2024 nanti. Brand asal Tiongkok ini masuk pasar nasional melalui PT Inchcape Automotive Indonesia yang bekerja sama dengan Indomobil.

Untuk perakitan lokalnya, GWM akan menggunakan fasilitas pabrik di Wanaherang, Jawa Barat yang menjadi rumah perakitan produk-produk Mercedes-Benz.

"Rencananya kami akan mulai perakitan pada awal tahun depan," tutur Khoo Shao Tze, Presiden Direktur PT Inchcape Automotive Indonesia. "Sedangkan untuk pemasarannya juga akan dimulai pada awal tahun depan," tutur pria yang akrab disapa ST ini saat dijumpai di bilangan SCBD, Rabu (15/11).

Menurutnya, perakitan lokal mobil-mobil GWM ini merupakan salah satu bentuk komitmen bisnis jangka panjang di Indonesia.

Sebelumnya, pada GIIAS 2023 silam, GWM telah memperkenalkan tiga brand yang akan mereka pasarkan di Indonesia, yakni Haval, Tank dan Ora.

Haval di ajang GIIAS 2023

Dari ketiga merek tersebut, Haval dan Tank kemungkinan jadi produk yang dirakit di fasilitas Wanaherang. Sementara untuk Ora akan masuk secara CBU yang dikirim dari Thailand. Sebagai informasi, Ora telah memiliki fasilitas produksi di Thailand untuk mobil listrik murni ini.

Ora dikirim CBU dari Thailand 

ST mengatakan bahwa pihaknya akan mulai masuk pasar Indonesia dengan mengoperasikan dua dealer di Jakarta sebagai langkah awal.

Uniknya mereka cukup fleksibel untuk mengatur ruang pamernya. Jika dua dealer yang berada di Jakarta akan menjual sekaligus tiga brand (Haval, Tank dan Ora), maka dealer-dealer di daerah lain kelak tidak menggunakan strategi yang sama dan menyesuaikan dengan kondisi pasar.

"Semisal untuk daerah Semarang, Jawa Tengah kami menjual Haval dan Tank. Sedangkan untuk Medan hanya Haval. Semua disesuaikan dengan kondisi lokal yang ada," sambungnya. "Untuk Ora mungkin akan lebih dikonsentrasikan pada kota atau daerah yang sudah siap dengan infrastruktur pendukung EV," tutupnya.(SS)

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com