Melihat Dekat Namyang R&D, Pusat Pengembangan Hyundai Motor Group

Tempat ini merupakan awal kelahirandan penggeblengan produk Hyundai Motor Gruop
Penulis: Suryo Sudjatmiko
Minggu, 23 Juli 2023 06:00 WIB
Berita - Melihat Dekat Namyang R&D, Pusat Pengembangan Hyundai Motor Group
Bagikan ke:

OTODRIVER - Namyang Research and Development (RnD) Center merupakan pusat perancangan, pengembangan dan awal kelahiran dari produk-produk Hyundai Motor Group (HMG) yang terdiri atas Hyundai, Kia, Genesis dan Ioniq.

Fasilitas yang terletak di Hwaseong, Gyonggi-do, Korea Selatan ini menjadi tempat kelahiran inovasi dan perkembangan teknologi bagi pabrikan terbesar dari Negeri Ginseng itu.

Hyundai menaruh perhatian besar pada riset dan pengembangan teknologi terbaru menghasilkan inovasi terkini dan mampu menggerakkan pertumbuhan bisnis perusahaan.

Foto - Melihat Dekat Namyang R&D, Pusat Pengembangan Hyundai Motor Group
Namyang RnD facility

Otodriver pun berkesempatan mengunjungi sebagian fasilitas yang memiliki area seluas total lebih dari 3,3 juta meter persegi.

Berbagai mobil yang tengah dikembangkan oleh Hyundai hingga Ioniq yang sebagian masih dibungkus jubah kamuflase menjadi salah satu suguhan sesaat memasuki fasilras itu. Salah satu yang menarik perhatian adalah sosok SUV yang diduga adalah All New Hyundai Santa Fe yang akan launching Agustus mendatang.

Sayang, pihak Hyundai menerapkan aturan yang ketat dan melarang kami untuk sekedar memotret 'pemandangan indah' mobil-mobil masa depan itu. 

Kembali ke Namyang RnD. Ini merupakan kawah Candradimuka bagi produk Hyundai Group mulai pusat desain dan engineering yang dilengkapi dengan laboratorium khusus untuk pengembangan powertrain. Tak ketinggalan pula terdapat fasilitas pengujian seperti wind tunnels untuk aerodinamika hingga fasilitas khusus untuk uji tabrak. 

Di sini juga menjadi tempat bernaung lebih dari 10 ribu peneliti kelas dunia agar konsisten dalam menghasilkan inovasi terkini hasil dari optimalisasi teknologi termutakhir.

Foto - Melihat Dekat Namyang R&D, Pusat Pengembangan Hyundai Motor Group
Namyang proving ground 

Selain itu terdapat pula proving ground kelas dunia yang hadir sejak 1995 dan mencakup total area seluas 1,65 juta meter persegi yang meliputi beragam lintasan tes berkendara sepanjang 70 km secara keseluruhan.

Di sini, ada 34 jenis lintasan dan jalanan yang tersedia, termasuk sirkuit sepanjang 4,5 km untuk uji coba kendaraan berkecepatan tinggi.

“Kami memiliki komitmen kuat terhadap penelitian dan pengembangan untuk menghasilkan kendaraan yang tidak hanya berfungsi sebagai alat transportasi, tetapi juga memberikan pengalaman dan nilai yang melebihi harapan pelanggan,” terang Yong Wha Kim selaku Chief Technology Officer Hyundai Motor Group (HMG).

Ia menambahkan bahwa saat ini Hyundai memiliki total 19 pusat R&D dan desain yang tersebar di berbagai negara seperti Amerika Serikat, Jerman, Tiongkok, India, serta Jepang.

Foto - Melihat Dekat Namyang R&D, Pusat Pengembangan Hyundai Motor Group
Namyang jadi tempat pertama sebelum mobil-mobil produk Hyundai diproduksi

Kim mengatakan bahwa Namyang RnD Center berperan penting  bagi perusahaan, sebagai basis utama pengembangan model baru Hyundai, Kia dan Genesis termasuk juga Ioniq yang akan dirilis seluruh dunia.

Selain itu tempat ini juga menjadi rumah bagi mobil berperforma tinggi dari divisi motorsport yakni Hyundai N. Jadi tempat pengembangan mobil otonom dan teknologi fuel-cell electric vehicles (FCEV), hingga robot. (SS) 

#hyundai-motor-company #namyang-rnd #hyundai-motor-group

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.