Kini Tersedia Varian Non LCGC, Toyota Agya Ikuti Jejak Honda Brio

Kini Tersedia Varian Non LCGC, Toyota Agya Ikuti Jejak Honda Brio

Toyota Agya generasi terbaru resmi melakukan debut dunianya di Indonesia. Kendati demikian saat artikel ini disusun, PT Toyota Astra Motor (TAM) belum mengungkap spesifikasinya secara rinci maupun harga jualnya.

Kendati demikian, ada hal yang cukup menarik pada All New Agya ini, yakni pembagian segmen Agya yang kini ada versi LCGC maupun non LCGC. Tentu hal ini mengingatkan kita kepada sosok city car yang laris di Indonesia, yakni Honda Brio.

Honda Brio sendiri pertama kali hadir di Indonesia pada tahun 2012 lalu. City car yang ditempatkan persis di bawah Honda Jazz ini memiliki banderol harga yang terjangkau dan saat itu belum ada skema Low Cost Green Car alias LCGC di Indonesia.

Tepat di bulan Mei 2013 lalu, pemerintah Indonesia mencanangkan skema LCGC. Di situlah muncul beberapa model mobil seperti Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Datsun Go, Datsun Go+, hingga Suzuki Karimun Wagon R.

Awalnya, Honda Brio hadir dengan perakitan CBU dengan mesin 1.300 cc. Tentu secara spesifikasi, Honda Brio tidak memenuhi spesifikasi sebuah LCGC. Namun pada September 2013, Brio memiliki varian Satya dan 1.2. Varian Satya sendiri tentu masuk ke dalam skema LCGC sedangkan 1.2 tidak diposisikan sebagai LCGC.

Langkah ini tentu berbuah manis. Honda Brio menjadi salah satu mobil terlaris dari masa ke masa bahkan mampu bersaing dengan Toyota Avanza, Toyota Rush, dan juga Mitsubishi Xpander.

Toyota pun tampaknya mulai mengikuti langkah ini. Namun perbedaannya, jika Honda Brio yang awalnya merupakan City Car berkembang menjadi City Car LCGC dan non LCGC, Agya justru sebaliknya. Dari sebuah City Car LCGC menjadi sebuah City Car yang kini tersedia opsi non skema LCGC.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com