Inilah 3 Model Yang Paling Banyak Diekspor Dari Pabrik Daihatsu, Salah Satunya Gran Max

Inilah 3 Model Yang Paling Banyak Diekspor Dari Pabrik Daihatsu, Salah Satunya Gran Max

OTODRIVER - Pabrik Daihatsu mampu memperbaiki ekspor mereka hingga akhir 2023 ini, tercatat sudah 120.243 unit dikapalkan per September 2023 untuk pasar ekspor.

“Naik 7,7 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2022 lalu sebesar 111.669 unit,” ungkap Corporate Planning & Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Sri Agung Handayani, Jumat (28/10) dalam keterangan resminya.

Adapun deretan mobil yang diekspor dari pabrik ADM di Karawang, Jawa Barat adalah Toyota TownLite/Ace, Daihatsu Gran Max, dan Mazda Bongo.

Mazda Bongo menggunakan platform yang sama dengan Gran Max

Sejauh ini, Gran Max produksi Indonesia telah dijual di tiga negara, yakni Malaysia, Brunei, dan Jepang.

Senada dengan  Gran Max, Daihatsu Indonesia mulai mengirimkan Toyota Townlite kerja sama produksi dengan Toyota sejak 2008. Hingga September tahun ini, pabrikan telah mengapalkan 15.226 unit.

Adapun pada tahun lalu Daihatsu memproduksi 562.000 unit mobil. Sebanyak 30 persen di antaranya diekspor ke 82 negara.

Daihatsu menjelaskan, setiap negara memiliki ketentuan roda empat yang berbeda-beda, seperti mesin dan standar emisi. "Produksi kita mengikuti perubahan setiap masing-masing negara," katanya.

Sementara itu, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat ekspor kendaraan utuh atau completely built up (CBU) mencapai 379.498 unit sepanjang Januari-September 2023. Dengan demikian Daihatsu menyumbang 31,65 persen di antaranya.

Pada tahun ini pemerintah menargetkan ekspor mobil CBU mencapai 500.000 unit. Artinya hingga 9 bulan pertama tahun ini telah pengapalan kendaraan roda empat secara utuh telah mencapai 75,99 persen. (AB)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com