Ini Penyebab GR Corolla Jadi Pusat Perhatian di Booth Toyota GIIAS 2023

Ini Penyebab GR Corolla Jadi Pusat Perhatian di Booth Toyota GIIAS 2023

OTODRIVER - PT Toyota-Astra Motor (TAM), melalui divisi Toyota Gazoo Racing (GR), mencuri perhatian dengan kehadiran perdana GR Corolla di Indonesia dalam panggung GIIAS 2023.

Mengusung tema “Untamed Energy”, kehadiran GR Corolla melengkapi jajaran Pure Sport GR sebelumnya yakni GR Supra, GR Yaris, dan GR86. Di saat bersamaan menjadi satu dari sedikit negara yang berhasil mendatangkan seluruh model Pure Sport GR.

“Semangat dari GR adalah keyakinan kuat bahwa olahraga otomotif bukan hanya tentang persaingan di sirkuit balap, tetapi bagaimana menghadirkan ever-better motorsports-bred car yang otentik dan energik untuk mobilitas sehari-hari,” kata Marketing Director PT TAM, Anton Jimmi Suwandy.

Tampilan belakang agresif GR Corolla

Anton menambahkan, kehadiran GR Corolla juga membuktikan bahwa GR telah diterima dengan baik dan begitu diminati oleh para pecinta otomotif di Indonesia, utamanya penggemar mobil balap Toyota.

GR Corolla memboyong mesin turbo berkode G16E-GTS yang sama dengan milik GR Yaris. Unit 3-silinder 1.618 cc berteknologi D-4ST & Port Injection ini sanggup menghasilkan tenaga 300 PS pada 6.500 rpm dan torsi 370 Nm pada 3.000–5.550 rpm, melebihi GR Yaris yang memproduksi tenaga 261 PS dan torsi 360 Nm.

Diciptakan sebagai all-rounder dengan kinerja sistem GR-FOUR 4WD, GR Corolla menggunakan electronic multi-plate clutch, memberikan pembagian penggerak roda depan dan belakang dengan tiga pilihan rasio (rod depan), yaitu 60:40, 50:50, dan 30:70.

Teknologi Torsen Slip Differential pada setiap poros roda dapat meningkatkan pengendalian, traksi ban, dan mengoptimalkan distribusi torsi ke roda kiri dan kanan sesuai kondisi jalan dan gaya berkendara. Transmisi manual 6-kecepatan iMT (Intelligent Manual Transmission) dengan short-shifter pintar juga menyajikan perpindahan gigi yang halus dan responsif sesuai putaran mesin.

GR Corolla memiliki dimensi 4.407x1.851x1.479 mm (PxLxT) dan wheelbase 2.640 mm. Jika disandingkan dengan GR Yaris dengan dimensi 3.995x1.805x1.460 mm (PxLxT) dan wheelbase 2.558 mm, GR Corolla tampak jauh lebih besar untuk meningkatkan fungsionalitas, memperluas ruang kabin, dan menjaga kenyamanan penumpang.

Hingga saat ini, belum ada informasi kapan Toyota Indonesia akan menjual GR Corolla. Namun yang pasti jika nanti masuk, harganya akan di atas GR Yaris.

"Estimasi harga rasanya akan di atas (GR Yaris) karena waktu itu GR Yaris dijual Rp 800-an juta," tutup Anton. (AB)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com