Honda dan Pertamina Jalin Kerjasama Dalam Riset Penggunaan Mobil Listrik Untuk komersil

Honda dan Pertamina Jalin Kerjasama Dalam Riset Penggunaan Mobil Listrik Untuk komersil

OTODRIVER- PT Honda Prospect Motor (HPM) mengumumkan kerjasama dengan Pertamina Patra Niaga, dan Pertamina New Renewable Energy untuk menjalankan riset penggunaan mobil listrik dalam kegiatan niaga di perkotaan.

Dalam kerja sama ini Honda menyediakan satu unut N-Van EV Prototype, sebuah  mobil listrik terbaru dari Honda untuk mendukung mobilitas pengantaran barang dari gudang ke unit-unit Bright Store, (unit usaha retail milik PT Pertamina Retail, anak usaha Pertamina Patra Niaga) di area Jakarta dan sekitarnya.

Penanda tanganan kerjasama Honda dan Pertamina

Nantinya langkah ini dilakukan untuk mengumpulkan data dan pengalaman penggunaan mobil listrik, tak terkecuali berbagai aspek akan diteliti meliputi termasuk reliabilitas baterai, proses pengisian ulang, serta kenyamanan dan kepraktisan.

"Studi ini dilakukan sebagai persiapan implementasi visi elektrifikasi Honda di Indonesia. Sebelumnya, Honda juga sudah mulai melakukan studi mengenai penggunaan mobil listrik untuk konsumen di Indonesia dengan menggunakan mobil Honda e, dan studi ini akan melengkapi pembelajaran kami khususnya untuk penggunaan kegiatan komersial," kata Kotaro Shimizu selaku President Director PT Honda Prospect Motor, di Tangerang, Senin(14/8).

Diskusi Honda dan Pertamina bersama Media

Lebih lanjut ia mengatakan sangat mengapresiasi dukungan dari Pertamina sebagai salah satu perusahaan terkemuka di Indonesia yang memiliki visi sejalan dengan Honda untuk menciptakan teknologi yang ramah lingkungan di masa mendatang.

Disisi lain, Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Riva Siahaan, mengatakan bahwa kolaborasi ini merupakan langkah Pertamina Patra Niaga melalui anak usahanya Pertamina Retail yang mengoperasikan Bright Store, dalam mendorong transisi ke depan.

"Dengan harapan dapat menciptakan efisiensi sekaligus berkontribusi  pada pengurangan emisi dalam operasional bisnis Non-Fuel Retail kami. 

Sementara itu, Dannif Danusaputro selaku Direktur Utama Pertamina NRE mengatakan bahwa, bagi Pertamina NRE kerjasama ini akan menjadi milestone strategis karena Pertamina NRE juga memiliki fokus pada pengembangan ekosistem baterai dan kendaraan listrik dalam portofolio bisnisnya.

“Kami sangat menyambut baik kolaborasi yang positif antara Pertamina dan Honda. Saat ini pun Pertamina NRE berpartisipasi dalam ekosistem baterai dan kendaraan listrik melalui Indonesia Battery Corporation," terangnya.

Mobil listrik Honda

Seperti diketahui Honda N-VAN EV Prototype yang digunakan dalam riset ini merupakan pengembangan dari model mobil Honda N-VAN, salah satu model kendaraan komersial yang sangat sukses dari Honda. 

Pertama kali diperkenalkan di pasar Jepang pada tahun 2018, N-VAN banyak digunakan bukan hanya untuk penggunaan pribadi, tetapi untuk memenuhi kebutuhan mobilitas dalam kegiatan bisnis dan niaga, terutama dalam hal pengantaran barang. (AAR)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com