Daihatsu Konfirmasi 4 Model Gagal Tes Tabrak, Ini Dia Unit Yang Dimaksud

Penulis: Ahmad Biondi
Selasa, 2 Mei 2023 16:35 WIB
Berita - Daihatsu Konfirmasi 4 Model Gagal Tes Tabrak, Ini Dia Unit Yang Dimaksud
Bagikan ke:
Ada masalah yang terjadi dan mengakibatkan Daihatsu harus mengulang pengujian empat model mobil mereka yang akan di ekspor.

Ada masalah yang terjadi dan mengakibatkan Daihatsu harus mengulang pengujian empat model mobil mereka yang akan di ekspor.

Perusahaan asal Jepang tersebut mengumumkan bahwa telah terjadi pelanggaran prosedur saat pengajuan persetujuan uji tabrak samping, untuk empat model kendaraan yang dikembangkan oleh mereka yang ditujukan untuk pasar luar negeri.

Dalam investigasi yang dilakukan oleh perusahaan, Daihatsu menemukan bahwa ada pelanggaran dalam prosedur uji tabrak samping, yakni modifikasi tidak tepat pada bagian dalam pelapis pintu depan kursi.

Dikutip dari keterangan resmi, Minggu 30 April 2023, perusahaan menyatakan bertanggung jawab atas seluruh proses, mulai dari pengembangan hingga lulus uji sertifikasi yang diperlukan. Termasuk untuk model yang nantinya dipasarkan dengan logo Toyota.

Foto - Daihatsu Konfirmasi 4 Model Gagal Tes Tabrak, Ini Dia Unit Yang Dimaksud

Setelah menemukan pelanggaran ini, Daihatsu segera melaporkan dan berkonsultasi dengan otoritas inspeksi dan sertifikasi, dan pengiriman kendaraan ditangguhkan di negara-negara di mana persetujuan telah diberikan setelah berdiskusi dengan Toyota.

Selain itu, Daihatsu melakukan uji ulang di dalam perusahaan dan melaporkannya ke otoritas inspeksi dan sertifikasi. Jika kinerja tabrakan samping memenuhi persyaratan peraturan, pengiriman kendaraan akan dilanjutkan.

Dalam hal ini, Daihatsu berusaha untuk mengambil tindakan untuk melanjutkan pengiriman kendaraan yang ditangguhkan, sambil menerima bimbingan dari otoritas inspeksi dan sertifikasi.

Saat ini, pelanggan yang menggunakan model-model kendaraan tersebut tidak perlu mengambil tindakan apa pun untuk terus menggunakannya. Untuk mencegah terjadinya pelanggaran serupa di masa depan, Daihatsu telah membentuk komite independen dari pihak ketiga yang akan menganalisis penyebab akar dan mengambil langkah-langkah pencegahan yang sesuai. Daihatsu akan memberikan informasi lebih lanjut setelah laporan dari komite pihak ketiga diterima.

Diharapkan bahwa tindakan pencegahan yang akan diambil oleh Daihatsu akan membantu memastikan bahwa hal serupa tidak terjadi lagi di masa depan.

Sebagai informasi, empat model yang masuk di dalam daftar adalah Toyota Yaris Ativ produksi Thailand dan Malaysia, Perodua Axia yang dipasarkan di Malaysia serta Toyota Agya 2023 yang rencananya akan dibuat mulai Agustus mendatang untuk dikirim ke Ekuador.

#daihatsu #pabrik-daihatsu

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.