Bukan Seperti Raize-Rocky, Ternyata Ini Dia Mesin Hybrid Milik Yaris Cross

Toyota Yaris Cross telah resmi melakukan debut dunianya.
Penulis: Aditya Widiutomo
Senin, 15 Mei 2023 16:30 WIB
Berita - Bukan Seperti Raize-Rocky, Ternyata Ini Dia Mesin Hybrid Milik Yaris Cross
Bagikan ke:

Toyota Yaris Cross telah resmi melakukan debut dunianya. Mobil ini menjadi Compact SUV pertama di Indonesia yang menerapkan teknologi elektrifikasi.

Namun berbeda dengan dugaan yang beredar sebelumnya, Yaris Cross ternyata mengguankan jantung pacu hybrid yang benar-benar baru. Sebelumnnya, Yaris Cross ini diprediksi menggunakan mesin hybrid yang sama dengan Toyota Raize dan Daihatsu Rocky yang ada di Jepang, yakni mesin berkode WA-VEX 1.200 cc yang bermekanisme hybrid seri.

Foto - Bukan Seperti Raize-Rocky, Ternyata Ini Dia Mesin Hybrid Milik Yaris Cross

Nyatanya, Yaris Cross versi emerging market menggunakan mesin berkode 2NR-VEX. Mesin ini merupakan gabungan dari mesin 1.500 cc 4 silinder dengan motor listrik yang bekerja secara paralel. Artinya, mesin berguna untuk mengisi daya baterai dan juga sebagai penggerak bersinergi dengan motor listriknya.

Mesin bensinnya sendiri sanggup mengalirkan tenaga sebesar 89 dk dan torsi 121 Nm. Sedangkan motor listriknya menyalurkan tenaga sebesar 79 dk dan torsi 141 Nm. Namun sayangnya PT Toyota Astra Motor (TAM) tidak mengungkapkan berapa tenaga gabungan dari mesin bensin dan motor listriknya.

Selain mesin hybrid, Yaris Cross juga ditenagai oleh jantung pacu mesin bensin konvensional yang sama dengan Veloz, Vios, dan juga Sienta. Mesin berkode 2NR-VE dengan kubikasi 1.500 cc 4 silinder Dual VVT-I ini mampu mengalirkan tenaga sebesar 106 dk dan torsi 138 Nm. Seluruh tenaganya ini disalurkan ke roda depan melalui transmisi manual 5 percepatan dan juga otomatik CVT.

#toyota #yaris-cross

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.