BBM Jenis Baru Pertamina, Harganya Senilai RON 95

BBM Jenis Baru Pertamina, Harganya Senilai RON 95

PT Pertamina (Persero) akan meluncurkan bahan bakar minyak (BBM) jenis baru campuran Pertamax dengan nabati etanol (bioetanol) awal Juli tahun ini. Untuk kisaran harga bahan bakar minyak (BBM) jenis bioetanol akan sama seperti bensin beroktan 95. 

"Jadi nanti kami mau launching produk baru yaitu bioetanol. Jadi Pertamax kami campur dengan etanol. Kisaran harganya sama dengan RON 95," ujar Direktur Utama PT Pertamina, Nicke Widyawati dalam keterangan resmi.

Perlu diketahui, Pertamina pernah menjual BBM dengan RON 95 dengan merek Pertamax Plus, tapi sudah tidak dijual lagi. Dengan begitu, Bioetanol ini akan menggantikan Pertamax Plus. Sehingga nantinya terdapat Pertamax (RON 92), Bioetanol (RON 95) dan Pertamax Turbo (RON 98).

Untuk harga pasti, Nicke tidak mau memberitahu berapa besaran pastinya. Tapi jika kita bandingna dengan RON 95 yang di jual perusahaan minyak dan gas milik swasta, dimana terdapat Shell dengan Shell V Power, Vivo dengan Revvo 95, dan BP dengan BP Ultimate.

Tercatat, Shell V Power saat ini dijual seharga Rp13.400 per liter, Revvo 95 Rp13.200 per liter, dan BP Ultimate Rp13.400 per liter. Dengan data tersebut, bisa dipastikan Bioetanol akan berada di kisaran Rp 13.000.

Sementara itu, Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi Kementerian ESDM Dadan Kusdiana mengatakan, uji coba campuran Pertamax dengan olahan dari tetesan tebu itu akan diuji coba di Jawa Timur.  

“Di wilayah Jawa Timur sekitar Surabaya, Mojokerto, karena pabriknya ada di sana, di Malang dan Mojokerto, sekarang kita fokus ke Mojokerto dulu yang 10.000 liter,” kata Dadan saat ditemui di Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (19/6) dikutip dari Bisnis.com. Dadan juga menambahakan, uji coba komersial jenis bensin baru tersebut dapat mencapai 40.000 liter tahun ini.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com