3 Perbedaan Ioniq 5 dengan Ioniq 6 Yang Belum Banyak Orang Tahu

3 Perbedaan Ioniq 5 dengan Ioniq 6 Yang Belum Banyak Orang Tahu

OTODRIVER - Hyundai Motor Company terus berkomitmen menghadirkan mobil listrik yang paling sesuai dengan karakteristik konsumen di Indonesia.

Setelah sukses dengan Ioniq 5, kini mereka mempromosikan Ioniq 6 yang dijual dari Rp 1,2 miliar.

Kemunculan Ioniq 6 merupakan lanjutan dari pengembangan Ioniq 5 yang sukses di pasar otomotif seluruh dunia. Kedua mobil ini memang dikembangkan dan dibekali dengan teknologi canggih. 
 

Ioniq 5 & Ioniq 6

Meski demikian, ada beberapa perbedaan mencolok antara kedua mobil ini meskipun menggunakan platform yang sama.

Berikut detailnya :

1. Desain 

Kedua mobil listrik ini jelas memiliki desain yang berbeda sesuai dengan jenisnya. Hyundai Ioniq 6 merupakan mobil yang masuk dalam segmen sedan. Sementara Ioniq 5 masuk dalam segmen SUV. 

Hyundai Ioniq 6 mengusung desain yang dilengkapi dengan bodi halus dan desain Electrified Streamliner. Ini bertujuan membelah angin sehalus mungkin sehingga angin tidak hanya berkumpul di satu tempat saja. 

Sementara Ioniq 5 memiliki desain yang lebih tegas dengan lekukan-lekukan tegap. Tapi, desainnya dibuat sedemikian rupa agar aliran angin tidak menghambat laju kendaraan yang berdampak pada pemborosan baterai. 

Secara keseluruhan, Hyundai Ioniq 6 memiliki dimensi ukuran panjang 4.855 mm, lebar 1.880 mm, dan tinggi 1.495 mm. Ukuran tersebut berbeda 50 mm dari Ioniq 5 yang memang memiliki bodi sedikit lebih ramping. 

2. Interior 

Perbedaan berikutnya jelas pada interiornya. Hyundai Ioniq 6 dibuat seperti mobil sedan mewah pada umumnya. Di dalamnya dibekali dengan banyak material mewah yang membuat mobil ini terasa sangat elegan. 

Namun, ada kemiripan antara Ioniq 6 dan Ioniq 5, yaitu pada panel instrumen dan layar hiburan. Hal yang membuat keduanya berbeda terletak pada layar yang ada pada pilar A di Ioniq 6. Itu merupakan hasil gambar yang diterima dari kamera sebagai pengganti spion. 
 

Ioniq 6

Perbedaan terletak juga pada kursi depan, di mana Ioniq 6 dilengkapi dengan mode relaxation comfort yang berguna untuk beristirahat di mobil. 

Kabin secara keseluruhan juga tidak sama, karena Ioniq 6 memiliki konsol tengah yang bisa digeser. 

3. Performa dan Jarak Tempuh 

Kedua mobil listrik ini menggunakan platform yang sama, yakni E-GMP. Tapi, kapasitas baterai dan motor listriknya berbeda. 

Bahkan, Ioniq 6 memiliki varian yang menggunakan dua motor listrik di depan dan belakang untuk mendapatkan performa tinggi. 

Hyundai Ioniq 6 dengan varian tertinggi dibekali baterai berkapasitas 77,4 kWh yang dapat menempuh jarak hingga 524 km. 

Mobil ini juga diklaim lebih efisien karena konsumsi energinya tidak sampai 14 kW/100 km. 

Sementara untuk Ioniq 5 Prime Long Range punya jarak tempuh maksimum 481 km dan Ioniq 5 Signature Long Range menjanjikan jarak tempuh hingga 451 km. (AB)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com