Toyota Yaris Cross Hybrid dan Veloz Hybrid Akan Gunakan Mesin 3 Silinder

Toyota Yaris Cross Hybrid dan Veloz Hybrid Akan Gunakan Mesin 3 Silinder

Mobil hybrid akan semakin banyak berseliweran di jalanan Indonesia pada beberapa waktu mendatang. Salah satu penggiat produksi mobil hybrid tak lain adalah Toyota yang kini telah punya mobil hybrid produksi lokal yakni Kijang Innova Zenix Hybrid.

Dan kami yakini Zenix Hybrid akan menjadi kotak pandora produksi mobil elektrifikasi lokal three ovals di Indonesia.

Bahkan jenis hybrid yang akan hadir akan lebih ‘merakyat’ dengan melibatkan produk-produk di segmen di bawah Innova Zenix.

“Produk hybrid setelah Zenix adalah Yaris Cross Hybrid dan juga Veloz Hybrid,” tutur salah satu sumber terpercaya kami. “Yaris Cross hybrid akan hadir pada Januari 2024 dan Veloz Hybrid pada Juni 2024,” sambungnya.

Mengenai sumber tenaga yang bakalan digunakan, memang masih belum terlalu jernih. Namun jika melihat dari produksi mobil hybrid Toyota yang kira-kira punya setara dengan kelas dan segmen yang sama yakni menggunakan mesin 1.5 liter sebagai sumber tenaganya.

Prediksi yang ada, kelak mesin yang digunakan adalah mesin dengan kode M15A-FXE yang sudah digunakan terlebih dahulu oleg Yaris Hybrid/Mazda2 Hybrid, Yaris Cross Hybrid, Aqua dan terakhir adalah Sienta Hybrid.

Mesin bensin 3 silinder yang menganut sistem Atkinson ini mampu mengelontorkan daya 91 hp dan torsi 120 Nm. Kinerjanya dipadukan dengan motor listrik bertenaga 79 hp dan torsi 141 Nm, menghasilkan tenaga kombinasi sebesar 114 hp.

Namun selain itu ada alternatif lain yakni M15D-FXE yang merupakan tipe mesin hybrid yang diproduksi di India. Di mana mesin ini sudah digunakan pada Toyota Urban Cruiser Hyryder dan Suzuki Grand Vitara 2022.

Hanya saja antara kedua mesin ini belum ada keterangan teknis yang menunjukkan detail perbedaan keduanya.

Siap-siap pakai 3 silinder nih.

Mesin 3 silinder inline M15A-FXE 

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com