Toyota: TNGA dan DNGA Sama Saja

Toyota: TNGA dan DNGA Sama Saja

Toyota Vios generasi terbaru resmi diluncurkan di Indonesia. Selain wujud yang berubah cukup signifkan dibandingkan generasi terdahulunya, Vios kini menggunakan basis baru yang dikembangkan oleh Daihatsu.

Kini, Toyota Vios generasi terbaru dikembangkan di atas platform Daihatsu New Global Architecture alias DNGA. Kendati demikian, pihak Toyota menyebutkan bahwa platform DNGA dengan Toyota New Global Architecture (TNGA) tidak memiliki perbedaan.

“Kalau di Toyota, kita tidak lagi memperdebatkan soal TNGA ataupun DNGA. Karena Daihatsu sebagai perusahaan sudah lebur menjadi satu di Toyota Motor Company (TMC). Dan dalam local development kita juga sudah tidak membedakan lagi apakah itu Daihatsu atau Toyota karena kita adalah satu tim,” jelas Anton Jimmy Suwandi selaku Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) saat peluncuran virtual Toyota All New Vios, Rabu (12/10).

Anton juga menjelaskan, meski dikembangkan oleh Daihatsu, Vios didedikasikan untuk sebuah model Toyota yang tidak memiliki kembaran di merek Daihatsu.

“Dan untuk All New Vios ini khusus dikembangkan untuk Toyota. Jadi tidak ada di lini produk Daihatsu. Dan mobil ini juga sudah diluncurkan di Thailand dan beberapa negara lainnya,” tambahnya.

Platform DNGA dan TNGA memang kini menjadi basis produksi model-model aliansi Toyota-Daihatsu terbaru. Sebut saja Raize-Rocky, Avanza-Veloz-Xenia kini menggunakan platform DNGA dan Corolla, Corolla Cross, dan Voxy kini menggunakan platform TNGA.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com