Toyota GR86 Akan Ganti dengan Mesin 3 silinder Turbo Milik GR Corolla?

Toyota GR86 Akan Ganti dengan Mesin 3 silinder Turbo Milik GR Corolla?

Kita ketahui bahwasanya sejak awal kelahirannya Toyota GR86 sudah dibekali dengan mesin boxer. Pasti kita paham bahwasanya mobil ini pun merupakan merupakan kembaran dari Subaru BRZ.

Namun ada yang menarik, di mana Toyota telah menjejalkan mesin G16E-GTS 3 silinder turbo 1.600 cc milik GR Corolla.  

Dikutip dari carbuzz, diketahui bahwa sejauh ini langkah tersebut hanya untuk kepentingan ujicoba eksperimental saja dan mobil yang sudah menggunakan mesin yang juga dijejalkan pada GR Yaris ini tidak akan dijual.

Dari spesifikasi yang ada, mesin tersebut telah diseting dengan kemampuan melecut daya hingga 300 hp.

Menurut Naoyuki Sakamoto, Kepala Teknisi Gazoo Racing mengatakan penggantian mesin turbo pada GR86 adalah untuk mengetes dan mengembangkan bahan bakar sintetis.

Saat ini Toyota memang sedang mengembangkan bahan bakar sintetis sebagai alternatif dari bahan bakar minyak (BBM). Langkah sama dengan yang dilakukan oleh Porsche yang juga fokus pada bahan bakar alternatif untuk keperluan mobil performa tinggi.

Walau sudah dikatakan bahwa saat ini belum akan dijual di pasaran, namun Sakamoto mengatakan tidak menutup kemungkinan akan menyematkan G16E GTS sebagai opsi pada GR86.

Terdengar cukup mengiurkan, namun hal tersebut baru benar-benar akan terwujud apabila eksperimen dengan BBM sintetis berhasil dengan gemilang. “Kami memikirkan untuk masa depan tentang kemungkinan menggunakan mesin tersebut, tapi tidak ada rencana konkret untuk saat ini. Untuk sekarang, kami hanya menggunakannya untuk mengembangkan bahan bakar karbon netral," ujar Sakamoto.

GR86 bermesin GR Corolla ini tidak hanya akan jadi mobil pajangan di workshop Gazoo. Namun akan diturunkan di ajang balap Super Taikyu di Jepang.

Sakamoto berpendapat ajang balap adalah tempat yang tepat untuk melakukan eksperimen pada ide-ide baru sekaligus uji ketahanan.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com