Toyota Bantah Hentikan Peredaran Vios di Indonesia

Toyota Bantah Hentikan Peredaran Vios di Indonesia

Sudah dipasarkan sejak 2003 silam, Vios merupakan sedan yang cukup laris di Indonesia. Namun demikian beberapa waktu lalu sempat viral video perpisahan Vios dari pabrik Toyota.

OtoDriver pun mendapat jawaban dari narasumber terpercaya yang mengatakan, bahwa generasi selanjutnya akan focus dikirimkan ke luar negeri termasuk Thailand. Hal tersebut menimbulkan spekulasi bahwa sedan ini tak lagi akan dijual di Indonesia.

Dengan tak lagi menjadi bagian di pasar Indonesia, konsumen pengguna Vios tentu was-was akan ketersediaan stok mobil legendaris tersebut. Namun PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) menyatakan bahwa pasokan Vios masih tersedia saat ini sekaligus menepis kabar bahwa sedan yang mengaspal sejak 2003 itu akan berhenti diproduksi di Indonesia.

"Bersama dengan TAM, kami memastikan pasokan model Vios untuk konsumen terjaga. Selain itu kami akan memberitahukan kepada teman-teman media pada waktunya," ujar Direktur Corporate Affairs TMMIN Bob Azam dalam keterangannya pada Rabu.

Menurut sejarahnya, Vios merupakan sedan penerus Toyota Soluna yang awalnya didatangkan secara utuh atau completely built up (CBU) dari Thailand pada 2003. Seiring berjalannya waktu dan penggunaan Vios untuk armada taksi dengan nama Limo, Toyota Indonesia memproduksi sedan itu mulai 2013 di pabrik Karawang, Jawa Barat.

Hingga saat ini Toyota masih mencatatkan penjualan untuk Vios. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo) sepanjang semester satu 2022, Toyota telah memproduksi lebih dari 17 ribu unit Vios.

Sejak diperkenalkan pada 2003 hingga kini, Vios telah lahir dalam tiga generasi dan versi facelift yang hadir di Indonesia sejak 2018.

 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com